Analisis Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Munawir Program studi Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Kiki Nadhifatul Ismiyah Program studi Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mochammad Bachruddin Program studi Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.9955
Statistics: Abstract viewed : 257 times | PDF downloaded : 386 times

Keywords:

Sejarah Kebudayaan Islam, Madrasah Ibtidaiyah, Problematika

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, yang menjadi bagian integral dari pendidikan agama. Namun, hasil pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah seringkali tidak dengan harapan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ini yang relatif rendah dibandingkan dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi dalam pembelajaran mata pelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai problematika dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan internal dan eksternal, manajemen waktu, fasilitas, dan lain-lain

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Munawir, M., Ismiyah, K. N., & Bachruddin, M. (2024). Analisis Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 25–38. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.9955

Issue

Section

Articles