PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Kartina Kartina UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Akrom Akrom UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Oman Farhurohman UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.5442
Statistics: Abstract viewed : 721 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 2519 times

Keywords:

Media Pembelajaran, IPS, Budaya Lokal

Abstract

Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengembangan Media pembelajaran Scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Scrapbook berbasis budaya lokal pada mata pelajaran IPS di MI Tarbiyatul Mubtadiin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Model 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Produk diuji cobakan secara terbatas pada kelas IV MI Tarbiyatul Mubtadiin dengan sampel 9 siswa. Tahap validasi dilakukan oleh tiga validator ialah ahli media, ahli materi, dan guru. Ahli media memberikan presentase skor sebesar 88,3% dengan kategori “sangat layak” , ahli materi memberikan presentase skor sebesar sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak” guru memberikan presentase skor sebesar sebesar 94% dengan kategori “sangat layak” . selanjutnya hasil respons siswa terhadap media pembelajaran scrapbook berbasis budaya lokal  menunjukan skor 98% termasuk Respon “sangat baik”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran scrapbook berbasis budaya  lokal pada mata pelajaran IPS yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-29

How to Cite

Kartina, K., Akrom, A., & Farhurohman, O. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(2), 119–130. https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.5442

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2