Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Atik Hidayah Febriani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Lamongan, Lamongan
  • Silviana Nur Faizah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Lamongan, Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.10442
Statistics: Abstract viewed : 99 times | PDF downloaded : 61 times

Keywords:

Self Organized Learning Environment, kemandirian belajar, matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Self Orgaized Learning Environment (SOLE) terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Assa'adah Mloko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif one group pretest posttest design dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket kemandirian belajar. Penelitian dilakukan di kelas V MI Ass'adah Mloko dengan jumlah responden sebanyak 21 siswa. Setelah data terkumpul dilakukan proses analisis data dengan menggunakan uji Paired Sample T Test. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Assa'adah Mloko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashadi, & Suhaeb. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK pada Masa Pandemi. Media Elektrik, 17(1).

Erinda, M. (2021). Uji Validitas dan Reabilitas Instrument Motivasi Pengidap HAIV/AIDS. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1). https://doi.org/10.1097/00002030200309050-00006

Ferdianto, J. (2023). Pengaruh Pembelajaran SOLE terhadap Kemampuan Analisis dan Kemamapuan Komunikasi Matematis. Universitas Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/10.24014/.v2i3.7813

Firdaus, M. F. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Model SOLE Saat Pandemic Covid-19. Jurnal Foundasia UNY, 12(21). https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786

Isnaintri, E., & Nindiasari, H. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran SOLE Berbantuan PhetSimulation Materi Grafik Fungsi Kuadrat. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.515

Lestari, fajar, & dkk. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Google Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(22). https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.932

Lukitasari, Nuraela, Ismawati, & Rijanto. (2020). Comparison of Learning Outcomes Between Discovery Learning with Inquiry Learning Reviewed of Student Learning Independence At Vocational High School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10). https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i10.3305

Marlina, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1). http://dx.doi.org/10.33603/.v4i2.6263

Mitra, S. (2019). The School in the Cloud The Emergening Future of Learning. Sage Publication.

Mustafa, P. S. (2022). Statistika Inferensial meliputi Uji Beda dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)). 10.30587/didaktika.v28i2(1).4166

Novianti, Apriani, & Khaulah, S. (2020). The Influence of the AMONG System-based Mathematics Learning Model Towards the Students Ability in Learning Independence at Elementary School Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 584. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Reksa, Dinda & Falih. (2022). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, In Juni (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.5245

Setyorini, Sari, & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTs (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1). 10.30595/jrpd.v3i1.11357

Sumiyarti. (2022). Pembelajaran Blended Learning Berbantuan LKPD untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Bina Kusuma di Nanga Pinoh. Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya (QUANTUM) , 2(2). https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i2.933

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis . Inovasi Pendidikan.

Wafiqni, N., Amalia, S., Sarifah, I., Uin, S., & Hidayatullah, J. (2023). Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i1.7829

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, K. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1404

Yusuf, M. (2019). Metode Penenlitian Kuantitatif Kualitataif dan Gabungan. Prenamedia.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Febriani, A. H., & Faizah, S. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 11–26. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.10442

Issue

Section

Original Research Article