Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Energi dan Perubahannya di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11367


Keywords:
energi dan perubahannya, persepsi siswa, sekolah dasar, Video animasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pandangan siswa mengenai pemanfaatan media video pembelajaran animasi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran konsep energi dan perubahannya di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang bersifat tidak konkret energi dan perubahannya akibat metode pembelajaran yang kurang menarik dan minim visualisasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, melibatkan 30 siswa dan guru kelas V di SDN 1 Citeras. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran animasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, serta pemahaman konsep energi. Sebanyak 80% siswa dapat menjelaskan perubahan energi dengan benar setelah pembelajaran. Guru juga merasakan kemudahan Untuk menyampaikan isi pelajaran dengan cara yang lebih tepat guna dan hemat waktu. Media ini dinilai sangat menarik oleh siswa dan mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa video animasi memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep-konsep abstrak di tingkat sekolah dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini mengarah pada perlunya integrasi media animasi secara lebih sistematis dalam kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan menyediakan pelatihan bagi guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran visual, serta mendukung pengembangan Alat bantu belajar yang selaras dengan konteks kehidupan siswa serta sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.
Downloads
References
Agustina, M. D., Hudha, M. N., & Kumala, F. N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan Terhadap Peningkatan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.18860/experiment.v2i1.13236
Anggraeni Marina Purnama, K. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di UPTD SD Negeri Pendabah 1 Kamal. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 3(2), 98–110. Retrieved from https://doi.org/10.56480/eductum.v3i2.1201
Azzahra, F. D., Rini, C. P., & Oktrifianty, E. (2024). Fernita Dwi Azzahra, Candra Puspita Rini, Erdhita Oktrifianty. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 1000–1010. Retrieved from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/3826/2164
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dwi Maya Meilina, N. A. (2024). Penggunaan Media Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 53–59. https://doi.org/10.38114/rda9j175
Faridatunnisa, S., Subekti, E. E., & Mushafanah, Q. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 770–782. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/620602434.pdf
Febiyanti, H. (2024). Video Animasi Sebagai Media Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jpgmi, 10(1), 24.
Fitri Andini Al-Fatihah, I. M. (2024). Peningkatan Pembelajaran Melalui Media Pembelajaran Video Animasi untuk Sekolah Dasar. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 115–127. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42680
Hasibuan, A. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Di SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Semarang. Retrieved from https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrgNWuDVwZo0LkSS3VXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1746455683/RO=10/RU=https%3A%2F%2Feprints.walisongo.ac.id%2F23731%2F1%2FSkripsi_1903016014_Aqrina%2520halomoan%2520Hasibuan_Lengkap.pdf/RK=2/RS=Rxrw
Herlina, Nurjumiati, Syahriani Yulianci, Suriya Ningsyih, H. K. (2024). Pengaruh Video Animasi Terhadap Minat Belajar IPA Siswa SD Kelas IV. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA Dan Teknologi, 1(1), 24–28. Retrieved from https://ejournal.imbima.org/index.php/galaxy/article/download/144/110
Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Jakarta. Retrieved from https://kotaserang.com/cdn/pdf/undang-undang/UU NO 2 TH 1989.pdf
Jvita Setia, Nuria Siti Aulianshah, Dyah Kusumaningsih, Rafika Narulita, Ryan Maulana Ahmad, F. E. dan R. K. (2025). Pengaruh Teknologi Di Bidang Pendidikan Pada Era Digitalisasi Untuk Kualitas Pembelajaran Di Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 9(1), 224–235. Retrieved from http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/4348/3339
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. (2014). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Maskhuriyah, Dinda El, Juniarso, Triman, Hanindita, A. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Ipas Siswa Kelas V. JS (Jurnal Sekolah), 8(September), 706–715. Retrieved from https://doi.org/10.24114/js.v8i4.62548
Mastoah, I., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 69–80. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/download/6316/3665
Mayer, R. E., & Moreno, R. M. (2016). Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Leaming. Educational Psychologist: A Special Issue of Educational Psychologist: Volume 38, 38(1), 43–52. https://doi.org/10.4324/9780203764770-6
Mou, T. Y. (2023). Science learning with designed animation: Investigation of primary school children’s attitudes toward science learning, animation integration, and understanding level. International Journal of Educational Research Open, 4(April), 100246. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100246
Nofita, D., Ocktaviani, C. N., & Suciana, F. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Video Animasi terhadap Kemampuan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(April), 239–247. Retrieved from https://journal.aspirasi.or.id/index.php/morfologi/article/download/1550/1813
Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press.
Pradana, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Dasar, 01(01), 100–108. Retrieved from http://synergizejournal.org/index.php/JTPD/index
Pramesti, K. A. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 5484–5491.
Pribadi, R. A., Sailendra, D. P., & Azmi, F. (2022). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 43–56. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/download/5245/3656
Rohmah, F. Z., Yunianta, R. D., & Ichsan, A. S. (2024). Audio-Visual Media to Enhance Learning Motivation in Indonesian Language Subject for the 3rd-Grade of Islamic Elementary School. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 57–70. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/download/10247/4998
Rohmah, D. A., Hariyani, Y., & Arifin, Z. (2023). Pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas v sdn tanjung bumi 04. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6549. Retrieved from https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8977
Sinaga, E. M., & Sriadhi. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Powtoon Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat Siswa Kelas V Sd Negeri 060875 Medan Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.4673
Sonia Yulia Friska, Ana Novitasari, Maulidya Tri Amanda, G. P. (2022). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1). Retrieved from https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
UNESCO. (2020). Education for sustainable development: a roadmap. Education for Sustainable Development: A Roadmap. https://doi.org/10.54675/yfre1448
Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201–208.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Wafa Kusuma, Tiara Nuramalia, Tiara Qurotul Ain, Yadi Heryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.