Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Energi dan Perubahannya di Sekolah Dasar

Authors

  • M. Wafa Kusuma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Tiara Nuramalia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Tiara Qurotul Ain Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
  • Yadi Heryadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11367
Statistics: Abstract viewed : 5 times | PDF downloaded : 2 times

Keywords:

energi dan perubahannya, persepsi siswa, sekolah dasar, Video animasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pandangan siswa mengenai pemanfaatan media video pembelajaran animasi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran konsep energi dan perubahannya di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang bersifat tidak konkret energi dan perubahannya akibat metode pembelajaran yang kurang menarik dan minim visualisasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, melibatkan 30 siswa dan guru kelas V di SDN 1 Citeras. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran animasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, serta pemahaman konsep energi. Sebanyak 80% siswa dapat menjelaskan perubahan energi dengan benar setelah pembelajaran. Guru juga merasakan kemudahan Untuk menyampaikan isi pelajaran dengan cara yang lebih tepat guna dan hemat waktu. Media ini dinilai sangat menarik oleh siswa dan mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa video animasi memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep-konsep abstrak di tingkat sekolah dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini mengarah pada perlunya integrasi media animasi secara lebih sistematis dalam kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan menyediakan pelatihan bagi guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran visual, serta mendukung pengembangan Alat bantu belajar yang selaras dengan konteks kehidupan siswa serta sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M. D., Hudha, M. N., & Kumala, F. N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan Terhadap Peningkatan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.18860/experiment.v2i1.13236

Anggraeni Marina Purnama, K. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di UPTD SD Negeri Pendabah 1 Kamal. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 3(2), 98–110. Retrieved from https://doi.org/10.56480/eductum.v3i2.1201

Azzahra, F. D., Rini, C. P., & Oktrifianty, E. (2024). Fernita Dwi Azzahra, Candra Puspita Rini, Erdhita Oktrifianty. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 1000–1010. Retrieved from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/3826/2164

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dwi Maya Meilina, N. A. (2024). Penggunaan Media Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 53–59. https://doi.org/10.38114/rda9j175

Faridatunnisa, S., Subekti, E. E., & Mushafanah, Q. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9), 770–782. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/620602434.pdf

Febiyanti, H. (2024). Video Animasi Sebagai Media Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jpgmi, 10(1), 24.

Fitri Andini Al-Fatihah, I. M. (2024). Peningkatan Pembelajaran Melalui Media Pembelajaran Video Animasi untuk Sekolah Dasar. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 115–127. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42680

Hasibuan, A. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Di SD Negeri Ngaliyan 03 Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Semarang. Retrieved from https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrgNWuDVwZo0LkSS3VXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1746455683/RO=10/RU=https%3A%2F%2Feprints.walisongo.ac.id%2F23731%2F1%2FSkripsi_1903016014_Aqrina%2520halomoan%2520Hasibuan_Lengkap.pdf/RK=2/RS=Rxrw

Herlina, Nurjumiati, Syahriani Yulianci, Suriya Ningsyih, H. K. (2024). Pengaruh Video Animasi Terhadap Minat Belajar IPA Siswa SD Kelas IV. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA Dan Teknologi, 1(1), 24–28. Retrieved from https://ejournal.imbima.org/index.php/galaxy/article/download/144/110

Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Jakarta. Retrieved from https://kotaserang.com/cdn/pdf/undang-undang/UU NO 2 TH 1989.pdf

Jvita Setia, Nuria Siti Aulianshah, Dyah Kusumaningsih, Rafika Narulita, Ryan Maulana Ahmad, F. E. dan R. K. (2025). Pengaruh Teknologi Di Bidang Pendidikan Pada Era Digitalisasi Untuk Kualitas Pembelajaran Di Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 9(1), 224–235. Retrieved from http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/4348/3339

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. (2014). Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maskhuriyah, Dinda El, Juniarso, Triman, Hanindita, A. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Ipas Siswa Kelas V. JS (Jurnal Sekolah), 8(September), 706–715. Retrieved from https://doi.org/10.24114/js.v8i4.62548

Mastoah, I., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Media Game Edukasi Kreatif. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 69–80. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/download/6316/3665

Mayer, R. E., & Moreno, R. M. (2016). Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Leaming. Educational Psychologist: A Special Issue of Educational Psychologist: Volume 38, 38(1), 43–52. https://doi.org/10.4324/9780203764770-6

Mou, T. Y. (2023). Science learning with designed animation: Investigation of primary school children’s attitudes toward science learning, animation integration, and understanding level. International Journal of Educational Research Open, 4(April), 100246. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100246

Nofita, D., Ocktaviani, C. N., & Suciana, F. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Video Animasi terhadap Kemampuan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(April), 239–247. Retrieved from https://journal.aspirasi.or.id/index.php/morfologi/article/download/1550/1813

Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press.

Pradana, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Dasar, 01(01), 100–108. Retrieved from http://synergizejournal.org/index.php/JTPD/index

Pramesti, K. A. (2022). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN Cogreg I Kabupaten Tangerang Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 5484–5491.

Pribadi, R. A., Sailendra, D. P., & Azmi, F. (2022). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 43–56. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/download/5245/3656

Rohmah, F. Z., Yunianta, R. D., & Ichsan, A. S. (2024). Audio-Visual Media to Enhance Learning Motivation in Indonesian Language Subject for the 3rd-Grade of Islamic Elementary School. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 57–70. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/download/10247/4998

Rohmah, D. A., Hariyani, Y., & Arifin, Z. (2023). Pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas v sdn tanjung bumi 04. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 6549. Retrieved from https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8977

Sinaga, E. M., & Sriadhi. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Powtoon Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat Siswa Kelas V Sd Negeri 060875 Medan Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.4673

Sonia Yulia Friska, Ana Novitasari, Maulidya Tri Amanda, G. P. (2022). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1). Retrieved from https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

UNESCO. (2020). Education for sustainable development: a roadmap. Education for Sustainable Development: A Roadmap. https://doi.org/10.54675/yfre1448

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201–208.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Kusuma, M. W., Nuramalia, T., Ain, T. Q., & Heryadi, Y. (2025). Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Energi dan Perubahannya di Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 37–64. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11367

Issue

Section

Original Research Article