Buku Cerita Bergambar sebagai Media untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11397


Keywords:
Buku Cerita Bergambar, Membaca Nyaring, keterampilan membaca, sekolah dasar, kepercayaan diriAbstract
Keterampilan membaca nyaring merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Keterampilan ini meliputi pelafalan, intonasi, ekspresi, serta ketepatan pengucapan yang berkontribusi pada pemahaman isi bacaan. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan, yang berdampak pada rendahnya kepercayaan diri saat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan buku cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin, dengan subjek siswa kelas II SD Negeri 102 Cikudayasa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan bertahap pada keterampilan membaca nyaring siswa, dari nilai rata-rata 49,03 (pra-siklus) menjadi 74,67 (siklus III), dengan ketuntasan klasikal meningkat dari 26,92% menjadi 80,76%. Peningkatan tersebut mencerminkan efektivitas media buku cerita bergambar dalam membantu siswa memahami teks, menyesuaikan intonasi dan ekspresi, serta membangun kepercayaan diri dalam membaca. Oleh karena itu, buku cerita bergambar dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring di sekolah dasar.
Downloads
References
Adawiyah, W. N. A., Mangkuwibawa, H., & Mahmud, M. R. (2023). Meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa menggunakan model pembelajaran running dictation. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 8(2), 82–91.
Allatif, N., Alfi, C., & Fatih, M. (2024). Development of Digital Comic Learning Media Based Flipbook to Improve Understanding of the Concept of Mutual Cooperation Lifestyle Material Grade IV SDN Ngeni 05 Blitar District. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 7(2), 15-25.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Aulia, P., Ramdhan, D. F., & Pratiwi, I. M. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Pelaksanaan Kegiatan Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Asih Putera. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 1-10.
Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Damanik, A. N. S. (2023). Peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 02 Kota Pinang (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Damayanti, I. L. (2016). Peran Media Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 23-35.
Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hindun Syina, et al. (2022). Pentingnya Penguasaan Keterampilan Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 45-59.
Khairunnisa, K., Sudjoko, S., & Niken, V. (2020). Peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui media cerita bergambar. STKIP Kusuma Negara.
Kosasih, E. (2014). Strategi Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurcholis, H. (2013). Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Deepublish.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Salahudin, A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Salahudin, A. (2011). Filsafat Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3-4.
Sari, E. U., Hakim, L., & Pratama, A. (2023). Pengaruh strategi reading aloud melalui media cerita bergambar terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada murid sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1644- 1651. https://doi.org/10.24036/jpd.v5i2.13217.
Suyanto, S. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zakaria, S. A., Fatimah, T., & Rahman, A. Y. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Al Baghdadi. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 185-198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ely Musripah Hasibuan, Anas Salahuddin, Inne Marthyane Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.