Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Firna Rahma Fitriani Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Aceng Jaelani Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Misbah Binasdevi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11439
Statistics: Abstract viewed : 1 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

LKPD, RADEC, Kolaborasi, Akidah Akhlak, ADDIE, pembelajaran abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) sebagai upaya meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MIN 1 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap utama, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Temuan awal menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kolaborasi siswa berada pada angka rata-rata 41%, yang mencerminkan rendahnya kebiasaan bekerja sama secara optimal dalam kelompok. Kemampuan kolaborasi dievaluasi melalui empat indikator utama: kerja sama, saling menghargai, partisipasi aktif, dan komunikasi efektif. Proses validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang tinggi, dengan skor validasi materi sebesar 90% dan validasi media mencapai 95%. Implementasi LKPD berbasis RADEC dalam pembelajaran menunjukkan efektivitas yang signifikan, dengan peningkatan rata-rata capaian kemampuan kolaborasi siswa menjadi 91%. Peningkatan ini mencerminkan perbaikan yang nyata dalam aspek kerja tim, penghargaan terhadap pendapat anggota kelompok, partisipasi aktif, serta interaksi yang produktif antar siswa. Dengan demikian, LKPD berbasis model RADEC layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran inovatif yang mendukung penguatan keterampilan kolaboratif siswa dalam menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2084

Apriliani, P., Jaelani, A., & Binasdevi, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Quick Response (Qr) Code Pada Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(1), 1–12. Https://Ibriez.Iainponorogo.Ac.Id/Index.Php/Ibriez/Article/View/537

Binasdevi, M., Abdurahman, A., Azhara, D. Y., & Aulia, Z. (2024). Augmented Reality Terintegrasi Nilai Karakter (ARTIKA) Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal Of Education Action Research, 8(4), 716–725. Https://Doi.Org/10.23887/JEAR.V8I4.89348

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V3i1.2124

Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i1.419

Fakih Mahendra. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem dengan Memanfaatkan Arboretum di SMAN 10 Depok. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. Https://Doi.Org/10.36312/Rj.V1i2.556

Ragil Stevani, R. S. (2023). Pengembangan LKPD Menggunakan Book Creator Berbasis RADEC Di Kelas III SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 604–611. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i2.5379

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi. Pendidikan Sains, 11(1), 22–31.

Suhendra, I., Sopandi, W., Syaefudin Sa’ud, U., Handayani, H., Willian, N., Maulana, Y., & Gunawan, I. (2023). Analisis Kemunculan Indikator Literasi Membaca Pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model RADEC di SD Laboratorium Percontohan UPI Kampus Purwakarta. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1710–1718. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i4.6931

Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning For Life In Our Times. San Francisco: Jossey-Bass Pentingnya Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pendidikan.

Vianes Muliza Putri, & Risda Amini. (2023). Integrated Thematic E-LKPD With RADEC- Based Neapod In Grade V Elementary School. International Journal Of Elementary Education, 7(2), 204–211. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V7i2.61224

Virliana, F. (2023). Jurnal Jendela Pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60.

Wahid, K. H. A. (2023). Akhlak dan Solusi Mengatasinya Pada Kelas V di MS 05 Sampangan.

Wahyuningsih, I., Turahman, C., & Widiarti, N. (N.D.). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Melaui Pendekatan TARL pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. 846–853.

Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas e-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS BAB Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V7i1.59281

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61–78. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V19i01.3963

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Fitriani, F. R., Jaelani, A., & Binasdevi, M. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11439

Issue

Section

Original Research Article