Implementasi Konsep CILUKBA dalam Kurikulum Merdeka untuk Generasi Emas: Sebuah Tinjauan Literatur

Authors

  • Choirul Anwar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, UIN Salatiga
  • Muhammad Syahrul Muharram Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Universitas Al-Hikmah
  • Siti Mukholifah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Maimanatul Muna Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, IAI Khozinatul Ulum
  • Muhamad Hani Yusuf Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga
  • Muhammad Syaiful Munir Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11477
Statistics: Abstract viewed : 2 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

CILUKBA, Generasi Emas, Kurikulum Merdeka Belajar, Literatur Review

Abstract

Transformasi pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka menjadi respons strategis terhadap tantangan global abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi konsep CILUKBA (Collaboration, Innovative Learning Environment, Literacy, Unlock Potential, Knowledge Integration, Brainstorming, Adaptability) sebagai pendekatan strategis dalam memperkuat pelaksanaan Kurikulum Merdeka guna mewujudkan visi Generasi Emas 2045. Penelitian menggunakan metode literature review dengan menganalisis 12 artikel ilmiah yang relevan, terbit antara tahun 2021–2025. Data dianalisis dengan pendekatan content analysis untuk mengidentifikasi kontribusi tiap aspek CILUKBA dalam konteks pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa konsep CILUKBA efektif meningkatkan partisipasi aktif peserta didik, kreativitas, serta keterampilan berpikir kritis. Selain itu, peningkatan kompetensi guru dan pembelajaran yang bersifat adaptif menjadi faktor penentu keberhasilan implementasi. Namun demikian, terdapat kendala pada kesiapan guru dan keterbatasan infrastruktur di daerah tertentu. Simpulan dari studi ini menunjukkan bahwa CILUKBA dapat menjadi kerangka konseptual yang transformatif, namun memerlukan dukungan sistemis dan kontekstual untuk diimplementasikan secara merata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Anistasya, A., Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Penerapan Unsur-unsur Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan Berupa Virtual Lab. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5272–5279. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7941

Ardiansyah, A., Mawaddah, F. S., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.

Dewi, E. R., & Alam, A. S. A. F. (2022). Facilities and Merdeka Curriculum Influence Students’ Achievement Through Knowledge and Learning Quality. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(3), 198. https://doi.org/10.26858/est.v8i3.42357

Farikhah, M., & Nurhidayati, T. (2025). Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Majmuk dalam Membentuk Karakter Anak Muslim. Journal of Islamic Education and Pedagogy, 2(01), 14–31. https://doi.org/10.62097/jiep.v2i01.2072

Fauzan, F., Ansori, R. A. M., Dannur, M., Pratama, A., & Hairit, A. (2023). The Implementation of the Merdeka Curriculum (Independent Curriculum) in Strengthening Students’ Character in Indonesia. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1), 136–155. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.237

Handayani, N. A., & Assidik, G. K. (2025). Peran Platform Cerita Digital Wattpad terhadap Pembelajaran Cerpen Bahasa Indonesia dalam Perspektif Teori Perkembangan Kognitif. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(5), 8. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i5.2025.8

Hart, C. (2018). Doing a literature review: Releasing the research imagination.

Hasibuan, E. K., Armanto, D., & Amry, Z. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(3), 2026–2040. https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.806

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482

kemdikbud.go.id. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Kemdikbud.Go.Id. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Leatemia, L. D., van Merrienboer, J. J. G., & Susilo, A. P. (2022). Development of a Questionnaire to Measure Teachers’ Student-Centred Perspectives Based on the Onion Model. BMC Medical Education, 22(1), 504. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03547-9

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482

Mulyasa, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (A. Ulinnuha (ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.

Nareswari, A. Z. (2025). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia; Pendekatan Teori Difusi Inovasi M. Rogers. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 129–137. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.437

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. John Wiley & Sons.

Purwaningsih, W. (2025). Independent Curriculum in Paulo Freire’s Thinking in Primary School Learning. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 128–144. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v13i1.10263

Rabindran, D. M. (2020). Piaget’s Theory and Stages of Cognitive Development- An Overview. 8(9), 2152–2157. https://doi.org/10.36347/SJAMS.2020.V08I09.034

Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612.

Siregar, T. R. A., Misna, A. A., Erlinda, E., Sulaiman, M., & Shofiyyah, S. (2024). Analisis Kesiapan Guru MIS Rantau Panjang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 189–204. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11158

Taryana, T., Safar, M., Rukiyanto, B. A., & Prayitno, M. A. (2024). Contemporary Educational Perspective: Howard Gardner And Daniel Goleman’s Approach in Cultivating Adaptability and Resilience. International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.59024/ijellacush.v2i1.710

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori belajar sosial dalam pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181

Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi Pendidikan Digital 5 . 0 melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Mentari: Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.34306/mentari.v2i1.328

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Anwar, C., Muharram, M. S., Mukholifah, S., Muna, M., Yusuf, M. H., & Munir, M. S. (2025). Implementasi Konsep CILUKBA dalam Kurikulum Merdeka untuk Generasi Emas: Sebuah Tinjauan Literatur. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 139–152. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11477

Issue

Section

Review Article