Implementasi Konsep CILUKBA dalam Kurikulum Merdeka untuk Generasi Emas: Sebuah Tinjauan Literatur
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11477


Keywords:
CILUKBA, Generasi Emas, Kurikulum Merdeka Belajar, Literatur ReviewAbstract
Transformasi pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka menjadi respons strategis terhadap tantangan global abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi konsep CILUKBA (Collaboration, Innovative Learning Environment, Literacy, Unlock Potential, Knowledge Integration, Brainstorming, Adaptability) sebagai pendekatan strategis dalam memperkuat pelaksanaan Kurikulum Merdeka guna mewujudkan visi Generasi Emas 2045. Penelitian menggunakan metode literature review dengan menganalisis 12 artikel ilmiah yang relevan, terbit antara tahun 2021–2025. Data dianalisis dengan pendekatan content analysis untuk mengidentifikasi kontribusi tiap aspek CILUKBA dalam konteks pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa konsep CILUKBA efektif meningkatkan partisipasi aktif peserta didik, kreativitas, serta keterampilan berpikir kritis. Selain itu, peningkatan kompetensi guru dan pembelajaran yang bersifat adaptif menjadi faktor penentu keberhasilan implementasi. Namun demikian, terdapat kendala pada kesiapan guru dan keterbatasan infrastruktur di daerah tertentu. Simpulan dari studi ini menunjukkan bahwa CILUKBA dapat menjadi kerangka konseptual yang transformatif, namun memerlukan dukungan sistemis dan kontekstual untuk diimplementasikan secara merata.
Downloads
References
Ananda, R. A., Inas, M., & Setyawan, A. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Anistasya, A., Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Penerapan Unsur-unsur Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan Berupa Virtual Lab. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5272–5279. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7941
Ardiansyah, A., Mawaddah, F. S., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
Dewi, E. R., & Alam, A. S. A. F. (2022). Facilities and Merdeka Curriculum Influence Students’ Achievement Through Knowledge and Learning Quality. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(3), 198. https://doi.org/10.26858/est.v8i3.42357
Farikhah, M., & Nurhidayati, T. (2025). Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Majmuk dalam Membentuk Karakter Anak Muslim. Journal of Islamic Education and Pedagogy, 2(01), 14–31. https://doi.org/10.62097/jiep.v2i01.2072
Fauzan, F., Ansori, R. A. M., Dannur, M., Pratama, A., & Hairit, A. (2023). The Implementation of the Merdeka Curriculum (Independent Curriculum) in Strengthening Students’ Character in Indonesia. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1), 136–155. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.237
Handayani, N. A., & Assidik, G. K. (2025). Peran Platform Cerita Digital Wattpad terhadap Pembelajaran Cerpen Bahasa Indonesia dalam Perspektif Teori Perkembangan Kognitif. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(5), 8. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i5.2025.8
Hart, C. (2018). Doing a literature review: Releasing the research imagination.
Hasibuan, E. K., Armanto, D., & Amry, Z. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(3), 2026–2040. https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.806
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
kemdikbud.go.id. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Kemdikbud.Go.Id. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka
Leatemia, L. D., van Merrienboer, J. J. G., & Susilo, A. P. (2022). Development of a Questionnaire to Measure Teachers’ Student-Centred Perspectives Based on the Onion Model. BMC Medical Education, 22(1), 504. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03547-9
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482
Mulyasa, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (A. Ulinnuha (ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.
Nareswari, A. Z. (2025). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia; Pendekatan Teori Difusi Inovasi M. Rogers. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 129–137. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.437
Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. John Wiley & Sons.
Purwaningsih, W. (2025). Independent Curriculum in Paulo Freire’s Thinking in Primary School Learning. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 128–144. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v13i1.10263
Rabindran, D. M. (2020). Piaget’s Theory and Stages of Cognitive Development- An Overview. 8(9), 2152–2157. https://doi.org/10.36347/SJAMS.2020.V08I09.034
Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598–612.
Siregar, T. R. A., Misna, A. A., Erlinda, E., Sulaiman, M., & Shofiyyah, S. (2024). Analisis Kesiapan Guru MIS Rantau Panjang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 189–204. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11158
Taryana, T., Safar, M., Rukiyanto, B. A., & Prayitno, M. A. (2024). Contemporary Educational Perspective: Howard Gardner And Daniel Goleman’s Approach in Cultivating Adaptability and Resilience. International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.59024/ijellacush.v2i1.710
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori belajar sosial dalam pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181
Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi Pendidikan Digital 5 . 0 melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Mentari: Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.34306/mentari.v2i1.328
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Choirul Anwar, Muhammad Syahrul Muharram, Siti Mukholifah, Maimanatul Muna, Muhamad Hani Yusuf, Muhammad Syaiful Munir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.