Implementasi Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MIN 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11513


Keywords:
Perpustakaan Sekolah, Minat Baca, Literasi Madrasah, Implementasi Kebijakan, Edwards IIIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi program perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MIN 1 Jombang. Permasalahan rendahnya budaya literasi di lingkungan sekolah dasar menjadi latar belakang utama, dengan perpustakaan dipandang sebagai pusat literasi yang strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi ditentukan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan secara tematik dengan pendekatan Miles dan Huberman, melalui tahap reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kerangka teori implementasi kebijakan dari George C. Edwards III digunakan sebagai landasan analitis untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan program, termasuk komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan disposisi pelaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kepala madrasah, guru, dan pustakawan berperan penting dalam efektivitas pelaksanaan program. Kolaborasi antar aktor serta dukungan lingkungan sekolah menjadi faktor pendorong keberhasilan, meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan koleksi dan ruang baca. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap penguatan literasi madrasah berbasis partisipasi dan kebijakan internal kelembagaan
Downloads
References
Amrullah, K., Fridiyanto, & Taridi, M. (2022). Metode penelitian kualitatif (Cet. 1). Literasi Nusantara Abadi.
Andreani, A. (2019). Pengaruh koleksi buku perpustakaan dan gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas V SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Skripsi.
Anggraeni, I. (2019). Pengertian implementasi dan pendapat ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53.
Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1).
Harahap, W. R. (2021). Penerapan strategi promosi perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(1).
Iwan, I., Andriani, A., & Syaeba, M. (2020). Penerapan teori Ausubel sebagai upaya meningkatkan minat baca cerpen pada siswa kelas VIII SMP 6 Malunda. Journal Perguruan: Conference Series, 2(1).
Iztihana, A., & Arfa, M. (2020). Peran pustakawan MTs N 1 Jepara dalam upaya mengembangkan minat kunjungan siswa pada perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(1).
Karisma, E. T., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2022). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran kelas IV SDN Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1).
Khoirun Nisya, M. A., & Mahsun, A. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dasar melalui metode membaca tanpa mengeja di kelas 1 MI Sunan Giri Ngampel Ngusikan Jombang. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 8(1).
Kurniawati, A. P., Istiqomah, L. N., Rahmawati, L., & Maharani, S. (2024). Faktor yang mempengaruhi kurangnya minat membaca pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dewantara, 2(1).
Maisyarah, P., Amalih, I., & Literasi Dalam. (2023). Literasi dalam Al-Qur’an: Tinjauan tematik Tafsir Al-Mishbah. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 6(1).
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1).
Niswaty, R., Darwis, M., Andriani, D. M., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas perpustakaan sebagai media dalam meningkatkan minat baca siswa. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 8(2).
Nurhayati, D., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2024). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV Sekolah Dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 39–56. https://doi.org/10.24235/ibtidai.v11i1.12953
Ruslan, & Wibayanti. (2019). Pentingnya meningkatkan minat baca siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Santosa, E., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2019). Implementasi gerakan literasi sekolah. Equity In Education Journal, 1(1).
Sofyan, A., & Jurusan Administrasi Pendidikan. (2022). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1).
Trihandayani, R., & Sudiar, N. (2022). Promosi perpustakaan dalam minat kunjung di Sekolah Dasar Negeri 10 Minas. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1).
Wafiqni, N., Amalia, S., & Sarifah, I. (2023). Hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 69–82. https://doi.org/10.24235/ibtidai.v10i1.10469
Yati, M. (2022). Peran perpustakaan sebagai pusat literasi dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di UPT SD Negeri 9 Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Binta Nabilatul Hamamah, Ali Mahsun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.