Implementasi Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MIN 1 Jombang

Authors

  • Binta Nabilatul Hamamah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Ali Mahsun Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11513
Statistics: Abstract viewed : 5 times | PDF downloaded : 3 times

Keywords:

Perpustakaan Sekolah, Minat Baca, Literasi Madrasah, Implementasi Kebijakan, Edwards III

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi program perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MIN 1 Jombang. Permasalahan rendahnya budaya literasi di lingkungan sekolah dasar menjadi latar belakang utama, dengan perpustakaan dipandang sebagai pusat literasi yang strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi ditentukan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan secara tematik dengan pendekatan Miles dan Huberman, melalui tahap reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kerangka teori implementasi kebijakan dari George C. Edwards III digunakan sebagai landasan analitis untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan program, termasuk komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan disposisi pelaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kepala madrasah, guru, dan pustakawan berperan penting dalam efektivitas pelaksanaan program. Kolaborasi antar aktor serta dukungan lingkungan sekolah menjadi faktor pendorong keberhasilan, meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan koleksi dan ruang baca. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap penguatan literasi madrasah berbasis partisipasi dan kebijakan internal kelembagaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, K., Fridiyanto, & Taridi, M. (2022). Metode penelitian kualitatif (Cet. 1). Literasi Nusantara Abadi.

Andreani, A. (2019). Pengaruh koleksi buku perpustakaan dan gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas V SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Skripsi.

Anggraeni, I. (2019). Pengertian implementasi dan pendapat ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1).

Harahap, W. R. (2021). Penerapan strategi promosi perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(1).

Iwan, I., Andriani, A., & Syaeba, M. (2020). Penerapan teori Ausubel sebagai upaya meningkatkan minat baca cerpen pada siswa kelas VIII SMP 6 Malunda. Journal Perguruan: Conference Series, 2(1).

Iztihana, A., & Arfa, M. (2020). Peran pustakawan MTs N 1 Jepara dalam upaya mengembangkan minat kunjungan siswa pada perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(1).

Karisma, E. T., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2022). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran kelas IV SDN Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1).

Khoirun Nisya, M. A., & Mahsun, A. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dasar melalui metode membaca tanpa mengeja di kelas 1 MI Sunan Giri Ngampel Ngusikan Jombang. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 8(1).

Kurniawati, A. P., Istiqomah, L. N., Rahmawati, L., & Maharani, S. (2024). Faktor yang mempengaruhi kurangnya minat membaca pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dewantara, 2(1).

Maisyarah, P., Amalih, I., & Literasi Dalam. (2023). Literasi dalam Al-Qur’an: Tinjauan tematik Tafsir Al-Mishbah. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 6(1).

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1).

Niswaty, R., Darwis, M., Andriani, D. M., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas perpustakaan sebagai media dalam meningkatkan minat baca siswa. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 8(2).

Nurhayati, D., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2024). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV Sekolah Dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 39–56. https://doi.org/10.24235/ibtidai.v11i1.12953

Ruslan, & Wibayanti. (2019). Pentingnya meningkatkan minat baca siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Santosa, E., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2019). Implementasi gerakan literasi sekolah. Equity In Education Journal, 1(1).

Sofyan, A., & Jurusan Administrasi Pendidikan. (2022). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1).

Trihandayani, R., & Sudiar, N. (2022). Promosi perpustakaan dalam minat kunjung di Sekolah Dasar Negeri 10 Minas. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1).

Wafiqni, N., Amalia, S., & Sarifah, I. (2023). Hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 69–82. https://doi.org/10.24235/ibtidai.v10i1.10469

Yati, M. (2022). Peran perpustakaan sebagai pusat literasi dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di UPT SD Negeri 9 Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Skripsi.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Hamamah, B. N., & Mahsun, A. (2025). Implementasi Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MIN 1 Jombang. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 27–36. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11513

Issue

Section

Original Research Article