Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kelas II SD Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) dengan Konteks Budaya Kabupaten Ogan Ilir

Authors

  • Zahra Salsabila Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari FKIP, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11522
Statistics: Abstract viewed : 0 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

Bahan Ajar, Realistic Mathematics Education, Kearifan Lokal, Sekolah Dasar, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan mengintegrasikan kearifan budaya lokal dari Kabupaten Ogan Ilir pada topik bangun datar dua dimensi untuk siswa kelas II sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi dilakukan oleh para ahli di bidang media, materi, dan bahasa. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil validasi ahli, uji coba pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh skor validitas sebesar 95,8%, yang dikategorikan sangat valid. Penilaian kepraktisan memperoleh skor sebesar 94% pada uji coba individual (one-to-one) dan 99% pada uji kelompok kecil, keduanya dikategorikan sangat praktis. Efektivitas bahan ajar yang diukur melalui hasil belajar siswa mencapai 94,1%, yang menunjukkan tingkat efektivitas yang sangat tinggi. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa integrasi konteks budaya lokal ke dalam bahan ajar berbasis RME dapat meningkatkan keterlibatan siswa, semangat, dan kesenangan dalam belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Muh Akbar Saputra, N. H. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Siswa. Jurnal On Education, 1102-1110.

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan Dan Pendekatan Pembelajaran Matematika. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran,.

Damayanti, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Tema Kearifan Lokal Di Kelompok B RA Nurul Yaqin Desa Seri Tanjung Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Endang Nuryasana, N. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk. Jurnal Inovasi Penelitian, 968.

Esi, R. D. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. 581.

Fithriani, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 2580-1147.

Handika, T. Z. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 126.

Ika Firma Ningsih Dian Primasari, Z. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Imswatama, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis RME. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2568-2577.

Jayanti, J. E. (2021). Pembelajaran Geometri Melalui Pmri Berbantuan Elearning Di Masa Covid-19 Pada Mahasiswa Universitas Pgri Palembang. 187.

Jumiati, L. W. (2023). Analisis Kesulitan Mata Pelajaran Matematika SD Pada Materi Bangun Datar Sudut Pandang Jerome Brunner. Journal Of Global Research Education , 76.

Pramudita, B. D. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 61.

Ratna Natalia Mendrofa, K. M. (2024). Eksplorasi Keterkaitan Antara Kearifan Lokal Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, .601 – 611.

Riadi, M. (2021). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).

Rukanda, D. (2024). Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation.

Surmilasari, N. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Etno Realistic Mathematics Education Terintegrasi Computational Thinking (Ertct) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta.

Tunjung, S. D. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan, 2745-7036.

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam. Jurnal Education Social Science, 54.

Yusran Khery, D. R. (2020). Urgensi Pengembangan Pembelajaran Kimia Berbasis Kearifan Lokal Dan Kepariwisataan Untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Kependidikan, 460-474.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Putri, Z. S., Jayanti, J., & Surmilasari, N. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kelas II SD Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) dengan Konteks Budaya Kabupaten Ogan Ilir. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 95–112. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11522

Issue

Section

Original Research Article