Dampak Penggunaan Media PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika: Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sayyid Aufa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Ismatullah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa
  • Popi Dayurni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11533
Statistics: Abstract viewed : 5 times | PDF downloaded : 1 times

Keywords:

powerpoint interaktif, hasil belajar, matematika, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi satuan waktu di kelas III SD IT Tamaddun Kota Cilegon. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika, yang antara lain disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kognitif anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimental dan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang masing-masing berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint interaktif memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Temuan ini juga menggarisbawahi pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran digital yang inovatif dan responsif terhadap perkembangan teknologi, guna menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, partisipatif, dan bermakna di jenjang pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133.

Amreta, M. Y., Rofi’ah, F. Z., & Markhamah, A. L. L. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 199–209.

Ayuningtyas, V., Mulyawan, G., & Syahidah, A. (2025). Persepsi Orang Tua dalam Pengenalan Numerasi Secara Digital dan Konfensional Pada Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(3).

Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2024). Media Powerpoint Berbasis Animasi Sebagai Sarana Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Animation-based Powerpoint Media as a Means of Improving Science Learning Achievement for Fourth-Grade Elementary School Students. 11(2), 175–188.

Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291.

Mahendra, Y., Mulyawan, G., & Putri, V. K. (2023). Transformasi Pembelajaran Sosiologi: Peran Keterampilan 4c Di Abad Ke-21: Indonesia. P2M STKIP Siliwangi, 10(2), 120–131.

Mulyawan, G. (2024). Peran Pendidikan dalam Perlindungan Anak Terhadap Kekerasan Seksual di Media Sosial pada Lingkungan Sekolah. 13(2), 70–74.

Novikasari, I. (2017). Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Tingkat Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru SD/MI. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 120–127.

Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic literature riview: peran media pembelajaran interaktif dan konvensional pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99–114.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435–448.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Wulandari, E., Ratnaningsih, A., & Pangestika, R. R. (2022). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 34–39.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Aufa, S., Ismatullah, I., & Dayurni, P. (2025). Dampak Penggunaan Media PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika: Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 65–74. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11533

Issue

Section

Original Research Article