Pengembangan Media Pembelajaran Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Leni Sufi Hidayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Achmad Wahidy FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko FKIP, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11563
Statistics: Abstract viewed : 0 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

Wordwall, media pembelajaran, Android, minat belajar, matematika, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android dengan integrasi platform Wordwall guna meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media interaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli materi dan media, kemudian diujicobakan pada siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria kelayakan isi dan kepraktisan penggunaan. Implementasi media dalam pembelajaran juga menunjukkan peningkatan minat belajar serta pemahaman konsep matematika siswa secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis Android dengan integrasi Wordwall dapat menjadi alternatif inovatif yang mendukung proses pembelajaran matematika secara lebih menarik, partisipatif, dan bermakna di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-Qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117–129.

Berk, L. E. (2013). Child development (9th ed.). Pearson.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01

Hapsari, R., & Wulandari, S. (2021). Pemanfaatan Wordwall untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 115–123.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2010). Instructional media and technologies for learning (9th ed.). Pearson.

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2014). Principles to actions: Ensuring mathematical success for all. NCTM.

Nurillahwaty, E. (2022, December). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. In Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 1, pp. 81–85).

Ovan. (2022). Strategi belajar mengajar matematika. Kencana.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1–6.

Rahayu, E. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 142–150.

Rahmawati, I. (2023). Pengaruh media digital berbasis kuis interaktif terhadap partisipasi belajar siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 77–89.

Riyoko, E., & Heryanto, A. (2023). Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Sumatera Selatan pada kelas 2 di SD Negeri 243 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 921–926.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2020). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. RajaGrafindo Persada.

Saputra, E., Arafah, A. A., Sukriadi, S., Buhari, M. R., Muhlis, M., & Septika, H. D. (2024). Pengembangan media Sacword (Smart Apps Creator terintegrasi Wordwall Game) materi operasi hitung pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 850–860.

Setiawan, A. P., Hetilaniar, H., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi Android untuk menarik minat belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1565–1569.

Sungkono. (2021). Teknologi dalam pendidikan abad 21. Deepublish.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wardiningrum, A. (2022). Wordwall sebagai media inovatif untuk pembelajaran daring interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi, 4(3), 89–97.

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan media game edukasi Wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pubmedia: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11–11.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Hidayanti, L. S., Wahidy, A., & Riyoko, E. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 127–138. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11563

Issue

Section

Original Research Article