Pengembangan Media Pembelajaran Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11563


Keywords:
Wordwall, media pembelajaran, Android, minat belajar, matematika, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android dengan integrasi platform Wordwall guna meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media interaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli materi dan media, kemudian diujicobakan pada siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria kelayakan isi dan kepraktisan penggunaan. Implementasi media dalam pembelajaran juga menunjukkan peningkatan minat belajar serta pemahaman konsep matematika siswa secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis Android dengan integrasi Wordwall dapat menjadi alternatif inovatif yang mendukung proses pembelajaran matematika secara lebih menarik, partisipatif, dan bermakna di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-Qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117–129.
Berk, L. E. (2013). Child development (9th ed.). Pearson.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01
Hapsari, R., & Wulandari, S. (2021). Pemanfaatan Wordwall untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 115–123.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2010). Instructional media and technologies for learning (9th ed.). Pearson.
NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2014). Principles to actions: Ensuring mathematical success for all. NCTM.
Nurillahwaty, E. (2022, December). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. In Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 1, pp. 81–85).
Ovan. (2022). Strategi belajar mengajar matematika. Kencana.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1–6.
Rahayu, E. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 142–150.
Rahmawati, I. (2023). Pengaruh media digital berbasis kuis interaktif terhadap partisipasi belajar siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 77–89.
Riyoko, E., & Heryanto, A. (2023). Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Sumatera Selatan pada kelas 2 di SD Negeri 243 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 921–926.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2020). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. RajaGrafindo Persada.
Saputra, E., Arafah, A. A., Sukriadi, S., Buhari, M. R., Muhlis, M., & Septika, H. D. (2024). Pengembangan media Sacword (Smart Apps Creator terintegrasi Wordwall Game) materi operasi hitung pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 850–860.
Setiawan, A. P., Hetilaniar, H., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi Android untuk menarik minat belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1565–1569.
Sungkono. (2021). Teknologi dalam pendidikan abad 21. Deepublish.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wardiningrum, A. (2022). Wordwall sebagai media inovatif untuk pembelajaran daring interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi, 4(3), 89–97.
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634.
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan media game edukasi Wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pubmedia: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Leni Sufi Hidayanti, Achmad Wahidy, Endie Riyoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.