Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Otoritatif: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Cipinang 3
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.11720


Keywords:
Pendidikan Otoritatif, Kemandirian Siswa, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendidikan otoritatif dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VI di SDN Cipinang 3, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pendidikan otoritatif dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VI di SDN Cipinang 3? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memahami pengalaman langsung para informan terhadap dampak pendidikan otoritatif. Fokus penelitian diarahkan pada satu kelas, yaitu kelas VI, dengan melibatkan 15 siswa yang dipilih secara acak sebagai partisipan, serta dua guru sebagai informan utama, termasuk kepala sekolah, wali kelas, dan beberapa orang tua siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan otoritatif—yang ditandai dengan kombinasi antara ketegasan dan kehangatan—berdampak positif terhadap peningkatan kemandirian siswa. Informan melaporkan bahwa siswa menunjukkan perkembangan dalam pengambilan keputusan, pengelolaan diri, dan inisiatif belajar. Dengan demikian, penerapan pendidikan otoritatif di SDN Cipinang 3 terbukti efektif dalam membentuk kemandirian siswa pada jenjang sekolah dasar
Downloads
References
Andayani, U., & dkk. (2022). Menapak jalan pengkhidmatan peran Muslimat Al Washliyah dalam pembentukan karakter bangsa. Jakarta Selatan: Damera Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56–95. https://doi.org/10.1177/0272431691111004
Handayani, S., Mulyani, N., & Fitriani, R. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.265
Saman, A. M. (2023). Pola asuh orang tua milenial dalam mendidik anak generasi alpha di era transformasi digital Asrina. Jurnal Basicedu, 7(1), 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.6
Samsu. (2017). Metodologi penelitian: Teori dan praktik. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sholikha, D. W. (2023). Pendidikan parenting: Mengembangkan kemampuan orang tua dalam mendidik anak. Education, 17(2), 178–191. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yayan Sofyan, Satria Wijaya, Yuliana Aristian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.