Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Otoritatif: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Cipinang 3

Authors

  • Yayan Sofyan STKIP Babunnajah Pandeglang
  • Satria Wijaya STKIP Babunnajah Pandeglang
  • Yuliana Aristian STKIP Babunnajah Pandeglang

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.11720
Statistics: Abstract viewed : 6 times | PDF downloaded : 1 times

Keywords:

Pendidikan Otoritatif, Kemandirian Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendidikan otoritatif dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VI di SDN Cipinang 3, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pendidikan otoritatif dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VI di SDN Cipinang 3? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memahami pengalaman langsung para informan terhadap dampak pendidikan otoritatif. Fokus penelitian diarahkan pada satu kelas, yaitu kelas VI, dengan melibatkan 15 siswa yang dipilih secara acak sebagai partisipan, serta dua guru sebagai informan utama, termasuk kepala sekolah, wali kelas, dan beberapa orang tua siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan otoritatif—yang ditandai dengan kombinasi antara ketegasan dan kehangatan—berdampak positif terhadap peningkatan kemandirian siswa. Informan melaporkan bahwa siswa menunjukkan perkembangan dalam pengambilan keputusan, pengelolaan diri, dan inisiatif belajar. Dengan demikian, penerapan pendidikan otoritatif di SDN Cipinang 3 terbukti efektif dalam membentuk kemandirian siswa pada jenjang sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, U., & dkk. (2022). Menapak jalan pengkhidmatan peran Muslimat Al Washliyah dalam pembentukan karakter bangsa. Jakarta Selatan: Damera Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56–95. https://doi.org/10.1177/0272431691111004

Handayani, S., Mulyani, N., & Fitriani, R. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.265

Saman, A. M. (2023). Pola asuh orang tua milenial dalam mendidik anak generasi alpha di era transformasi digital Asrina. Jurnal Basicedu, 7(1), 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.6

Samsu. (2017). Metodologi penelitian: Teori dan praktik. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sholikha, D. W. (2023). Pendidikan parenting: Mengembangkan kemampuan orang tua dalam mendidik anak. Education, 17(2), 178–191. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sofyan, Y., Wijaya, S., & Aristian, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Otoritatif: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Cipinang 3. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 174–190. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.11720

Issue

Section

Original Research Article