Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5–6 Tahun melalui Metode Bermain Peran di PAUD Al-Lesha, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang

Authors

  • Yayan Sofyan STKIP Babunnajah Pandeglang
  • Neng Ojah STKIP Babunnajah Pandeglang
  • Elis Haerani STKIP Babunnajah Pandeglang
Statistics: Abstract viewed : 7 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

Perkembangan sosial emosional, bermain peran, anak usia dini, PAUD, penelitian tindakan kelas, usia 5–6 tahun

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji peningkatan perkembangan sosial-emosional pada anak usia 5–6 tahun melalui penerapan metode bermain peran di PAUD Al-Lesha, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang. Subjek penelitian terdiri dari delapan anak dalam rentang usia 5–6 tahun. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam perkembangan sosial-emosional anak setelah penerapan metode bermain peran. Pada tahap pra-siklus, rata-rata Tingkat Capaian Perkembangan (TCP) anak berada pada angka 5,5%. Nilai ini meningkat menjadi 33,1% pada siklus pertama dan mencapai 45,6% pada siklus kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode bermain peran efektif dalam menstimulasi keterampilan sosial-emosional anak, termasuk kemampuan berempati, bekerja sama, dan berkomunikasi secara positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adini, N. A. S. (2021). Metode bermain peran. Bengkalis, Riau: Dotplus Publisher.

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892

Moeslichatoen. (2021). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, A. (2018a). Metode pengembang sosial emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nugraha, A. (2018b). Pendidikan karakter anak usia dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, N., et al. (2023). Perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Nurfauzi, Y. (2023). Efektivitas model pembelajaran role playing dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kurikulum Merdeka. Jurnal On Education, 6(1), 213–221. http://jonedu.org/index.php/joe

Rahimah. (2020). Analisis perkembangan sosial emosional AUD di TK Indriyasana. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 202–214. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/3502

Salovey, P., & Mayer, J. D. (1990). Emotional intelligence. Imagination, Cognition and Personality, 9(3), 185–211. https://doi.org/10.2190/DUGG-P24E-52WK-6CDG

Selaras, S. S. N. (2018). Metode perkembangan sosial emosi anak usia dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Setianingsih, V. A. (2022). Upaya guru dalam pembentukan sosial emosional melalui kegiatan bermain peran terhadap anak usia dini di TK PKK Telogorejo Batanghari Lampung Timur (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Metro).

Sormin, D., Aziz, M., Rosmaimuna, Wahyuni, S., Yasrah, R., & Idawati. (2022). Early children’s cognitive ability through the Alphabet Game at TK ABA I City Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesia.

Sugiono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Widhianawati, N. (2011). Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kinestetik anak usia dini. Edisi Khusus, 2. http://jurnal.upi.edu/file/22-NANA_WIDHIANAWATI-Bl.Pdf

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Sofyan, Y., Ojah, N., & Haerani, E. (2023). Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5–6 Tahun melalui Metode Bermain Peran di PAUD Al-Lesha, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 83–100. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11730

Issue

Section

Original Research Article