Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5–6 Tahun melalui Metode Bermain Peran di PAUD Al-Lesha, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang


Keywords:
Perkembangan sosial emosional, bermain peran, anak usia dini, PAUD, penelitian tindakan kelas, usia 5–6 tahunAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji peningkatan perkembangan sosial-emosional pada anak usia 5–6 tahun melalui penerapan metode bermain peran di PAUD Al-Lesha, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang. Subjek penelitian terdiri dari delapan anak dalam rentang usia 5–6 tahun. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam perkembangan sosial-emosional anak setelah penerapan metode bermain peran. Pada tahap pra-siklus, rata-rata Tingkat Capaian Perkembangan (TCP) anak berada pada angka 5,5%. Nilai ini meningkat menjadi 33,1% pada siklus pertama dan mencapai 45,6% pada siklus kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode bermain peran efektif dalam menstimulasi keterampilan sosial-emosional anak, termasuk kemampuan berempati, bekerja sama, dan berkomunikasi secara positif.
Downloads
References
Adini, N. A. S. (2021). Metode bermain peran. Bengkalis, Riau: Dotplus Publisher.
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892
Moeslichatoen. (2021). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, A. (2018a). Metode pengembang sosial emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nugraha, A. (2018b). Pendidikan karakter anak usia dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, N., et al. (2023). Perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Nurfauzi, Y. (2023). Efektivitas model pembelajaran role playing dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kurikulum Merdeka. Jurnal On Education, 6(1), 213–221. http://jonedu.org/index.php/joe
Rahimah. (2020). Analisis perkembangan sosial emosional AUD di TK Indriyasana. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 202–214. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/3502
Salovey, P., & Mayer, J. D. (1990). Emotional intelligence. Imagination, Cognition and Personality, 9(3), 185–211. https://doi.org/10.2190/DUGG-P24E-52WK-6CDG
Selaras, S. S. N. (2018). Metode perkembangan sosial emosi anak usia dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Setianingsih, V. A. (2022). Upaya guru dalam pembentukan sosial emosional melalui kegiatan bermain peran terhadap anak usia dini di TK PKK Telogorejo Batanghari Lampung Timur (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Metro).
Sormin, D., Aziz, M., Rosmaimuna, Wahyuni, S., Yasrah, R., & Idawati. (2022). Early children’s cognitive ability through the Alphabet Game at TK ABA I City Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesia.
Sugiono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Bumi Aksara.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Widhianawati, N. (2011). Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kinestetik anak usia dini. Edisi Khusus, 2. http://jurnal.upi.edu/file/22-NANA_WIDHIANAWATI-Bl.Pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yayan Sofyan, Neng Ojah, Elis Haerani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.