PENGGUNAAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK


Keywords:
Hasil Belajar IPA, Siswa SD, Metode Pembelajaran Buzz GroupAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPA pada materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV SDN Kriyan Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa hanya menerima informasi dari guru dan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Maka diperlukan perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Sebagai alternatif solusi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA, yaitu metode Buzz Group. Penggunaan metode Buzz Group diharapkan dapat merubah hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan metode Buzz Group di kelas IV SDN Kriyan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu mencapai 64 dengan persentase ketuntasan belajar 50%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,68 dengan persentase ketuntasan belajar 81,82%. Dapat disimpulkan bahwa metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.