EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCETERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA

Authors

  • Yoni Febriati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Asep Saefurohman UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Juhji Juhji UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2488
Statistics: Abstract viewed : 234 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 246 times

Keywords:

Model Children Learning in Science, Pemahaman KonsepIPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam mendeskripsikan dan memahami suatu konsep pada materi klasifikasi benda, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga peserta didik dididik untuk berpikir kembali dan mengumpulkan berbagai keterangan tanpa diminta menelaah dan memahami arti yang tersimpan di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki bagaimana penerapan model children learning in science dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep IPA pada materi klasifikasi benda. Metode penelitian menggunakan pre-eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Sampel penelitian sebanyak 24 peserta didikdengan menggunakan nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui tes uraian sebanyak 7 item yang sudah divalidasi.Penerapan model children learning in sciencedalam proses pembelajaran mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata sebesar 72 sedangkan proses pembelajaran yang tidak menerapkan model children learning in sciencemendapatkan hasildengan nilai rata-rata 27,04. Kemudian dianalisis pengujian statistik dengan menggunakan uji t karena sampel yang digunakan merupakan sampel kecil yang saling berhubungan dan diperoleh nilai tosebesar8,133 lebih besar dari ttabelsebesar 2,069.Artinya, penelitian ini menemukan bahwa penerapan model children learning in science berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-25

How to Cite

Febriati, Y., Saefurohman, A., & Juhji, J. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCETERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2488

Issue

Section

Original Research Article