Pengembangan Modul Berbasis Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Pendidikan Agama Islam pada Materi Hewan dan Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i2.9271


Keywords:
Modul, , Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis integrasi Pendidikan Agama Islam pada materi Hewan dan Tumbuhan di kelas IV SDN 03 Anyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development, menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penilaian untuk kelayakan modul ini yaitu ahli media, ahli materi, guru kelas dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, wawancara dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil presentase validasi ahli media mendapat skor 91,2 % termasuk dalam kategori sangat layak/valid. Hasil validasi ahli materi mendapat skor 95 % termasuk dalam kategori sangat layak/valid dan hasil validasi guru kelas mendapat skor 75 % termasuk dalam kategori layak/valid. Selanjutnya hasil uji coba perorangan diperoleh skor 96 % berdasarkan konversi nilai skala likert skor tersebut masuk dalam kategori sangat baik (sangat layak). Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 95,6 % berdasarkan konversi nilai skala likert skor tersebut masuk dalam kategori sangat baik (sangat layak). Hasil uji coba lapangan diperoleh skor 96,8 % berdasarkan konversi nilai skala likert skor tersebut masuk dalam kategori sangat baik (sangat layak). Dapat dinyatakan bahwa modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis integrasi Pendidikan Agama Islm pada materi hewan dan tumbuhan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SDN 03 Anyar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ummy Hikmatun Nazila, Akrom, Juhji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.