PENGARUH PENGGUNAAN METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA KELUARGAKU SUB TEMA KELUARGA BESARKU

Authors

  • Dian Pisesa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • akrom akrom UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2494
Statistics: Abstract viewed : 196 times | pdf (Bahasa Indonesia) downloaded : 1170 times

Keywords:

Hasil Belajar Tematik, Cardode Sort, Pre Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group pretest-posttest Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Card Sort memperoleh rata-rata nilai pre-test 41 sedangkan hasil post-test 93,5. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar tematik pada tema Keluargaku subtema Keluarga Besarku Kelas Iyang diajarkan dengan menggunakan metode Card Sortlebih tinggi dibanding dengan pembelajaran dengan cara biasa (konvensional) dimana hasil perhitungan statistiknya menunjukkan ( yaitu 1,882,15). Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap hasil belajar tematik pada tema keluargaku subtema keluarga besarku

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-25

How to Cite

Pisesa, D., & akrom, akrom. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA KELUARGAKU SUB TEMA KELUARGA BESARKU. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(2), 105–118. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2494

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)