UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL MELALUI METODE COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY


Keywords:
hasil belajar, bahasa Indonesia, penelitian tindakan kelas (PTK), metode cooperative type two stay two strayAbstract
Proses pembelajaran yang kurang sesuai antara metode dengan materi pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa adalah merupakan alasan pentingnya penelitian ini. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud menerapkan metode cooperative tipe two stay two stray diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model PTK MC Taggart di mana, langkah penelitian menggunakan perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan didapatkan bahwa: 1). Aktivitas guru meningkat dari tiap siklusnya presentase nilai siklus I yaitu 3,09% meningkat pada siklus II yaitu 3,76%, 2). Aktivitas belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya presentase nilai pada siklus I yaitu 2,80% meningkat pada siklus II yaitu 3,14%, 3). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata dari tiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 57,88% meningkat pada siklus II yaitu 79,44%. Proses pembelajaran melalui metode cooperative tipe two stay two stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas V dalam materi mengomentari persoalan faktual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karenanya metode cooperative tipe two stay two stray dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan sebagai kegiatan pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.