MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDIALOG BERDASARKAN TEKS PERCAKAPAN MELALUI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Iin Inayatul Fauziah Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Birru Muqdamien Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 153 times | PDF downloaded : 173 times

Keywords:

Role Playing, PTK, Teks Percakapan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif ketika proses pembelajaran di kelas, siswa acuh ketika guru menerangkan materi pelajaran, dan guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik sehingga tidak menciptakan rasa antusias siswa untuk semangat belajar. Hasil yang diambil dari penelitian ini yaitu di mana rata-rata kelas meningkat dari awalnya hanya 60,62 di pra siklus, menjadi 72,87 di siklus I dan meningkat menjadi 75,59 pada Siklus II. Peningkatan terjadi terlihat juga pada ketuntasan belajar siswa dari awalnya 28,12% menjadi 87,5% di siklus i dan meningkat menjadi 96,87% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iin Inayatul Fauziah, Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Birru Muqdamien, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Downloads

Published

2015-11-27

How to Cite

Fauziah, I. I., & Muqdamien, B. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDIALOG BERDASARKAN TEKS PERCAKAPAN MELALUI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 2(2), 255–264. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/357

Issue

Section

Original Research Article