Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perpangkatan dan Akar Sederhana dengan Menggunakan Metode Problem Solving
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v2i1.6426


Keywords:
hasi belajar matematika, perpangkatan dan akar sederhana, metode problem solvingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika dengan materi perpangkatan dan akar sederhana di SDN Pecakur Kec. Pontang Kab. Serang. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran matematika masih berpusat pada guru dan hanya menggunakan metode ceramah. Untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam perpangkatan dan akar sehingga proses dan hasil belajar siswa diharapkan dapat meningkat. Pendekatan yang dipandang pas dan tepat agar pembelajaran lebih efektif dan menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran adalah pendekatan problem solving. Karena pendekatan problem solving merupakan pembelajaran yang berpusat pada aktifitas siswa. Pada pendekatan problem solving dimana siswa didorong untuk ter-libat secara langsung dalam mengidentifikasi masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian sampai menarik kesimpulan. Oleh karena itu, pendekatan problem solving ini penting dilakukan oleh guru untuk membantu supaya proses pembelajaran lebih baikp sesuai dengan perubahan tingkah laku dan hasil belajar yang diharapkan. Hasil rata-rata dalam penelitian ini bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra siklus, siklusI, dan siklus II yaitu, Pra siklus (48,4), siklus I (53,2), siklus II (78,4). Dalam hal ini pendekatan pembelajaran dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas siswa, pada saat pembelajaranpun terlihat aktif saat proses pembelajaran. Oleh karena dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, serta pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan seba-gai salah satu alternatif pembelajaran perpangkatan dan akar dalam pela-jaan matematika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.