UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN PADA MATERI MENYAMPAIKAN KEMBALI ISI PENGUMUMAN YANG DIBACAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE TERSARANG (NESTED)

Authors

  • Setiana Solehah Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Uyu Mu’awwanah Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 173 times | PDF downloaded : 146 times

Keywords:

Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Pembelajaran Terpadu Tipe Tersarang (nested), Keterampilan Mendengarkan

Abstract

Permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Sirih Lor adalah kurangnya keterampilan siswa dalam kegiatan mendengarkan dan kesulitan dalam menangkap topik yang diajukan oleh guru untuk diceritakan kembali khususnya dalam pembelajaran menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan. Hal tersebut disebabkan penggunaan model pembelajaran yang variatif. Permasalahan  tersebut perlu adanya suatu cara atau model pembelajaran yang dianggap menarik, menyenangkan serta bervariatif sehingga diharapkan terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar keterampilan mendengarkan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar yang awalnya pada prasiklus hanya mencapai nilai rata-rata 42 dan setelah peneliti menggunakan model Pembelajaran Terpadu Tipe Tersarang (nested) siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran khususnya dalam keterampilan mendengarkan. pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 60,90 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilairata-ratanya mencapai 76,81.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Setiana Solehah, Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Uyu Mu’awwanah, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Downloads

Published

2015-11-27

How to Cite

Solehah, S., & Mu’awwanah, U. (2015). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN PADA MATERI MENYAMPAIKAN KEMBALI ISI PENGUMUMAN YANG DIBACAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE TERSARANG (NESTED). Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 2(2), 265–274. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/358

Issue

Section

Original Research Article