PENGARUH PERNERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA

Authors

  • Ema Damayanti UIN Sultan Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Hasanuddin Banten
  • Oman Farhurohman UIN Sultan Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2491
Statistics: Abstract viewed : 152 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 207 times

Keywords:

Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Kemampuan Membaca Intensif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah terdapat Pengaruh PenerapanModel Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa.Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah PreEksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian yang dilakukan di sekolah di kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang. Menyimpulkan bahwa kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Koroncong dalam memahami isi bacaan yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa setelah mendapatkan perlakuan (treatment), nilai sebelum mendapatkan perlakuan (pre-test) rata-rata 47.17 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan (post-test) rata-rata 77.50, dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung≥ ttabel, yakni thitung7.412 ≥ ttabel yakni 1.729 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-06-25

How to Cite

Damayanti, E., Gunawan, A., & Farhurohman, O. (2019). PENGARUH PERNERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 6(1), 67–78. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2491

Issue

Section

Original Research Article