PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS V PADA MI SAMBILANDAK MANCAK

Authors

  • Durotun Nasihah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Imas Mastoah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3673
Statistics: Abstract viewed : 84 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 73 times

Keywords:

Kurikulum 2013, Motivasi Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas V pada MI Sambilandak Mancak. Sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah peserta didik kelas V MI Sambilandak Mancak yang berjumlah 24 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment (𝒓xy) = 0,40. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X (Penerapan Kurikulum 2013) dengan variabel Y (Motivasi belajar IPA) berada di antara (0,20 – 0,40) yang berarti terdapat korelasi yang lemah/rendah. Selanjutnya bahwa thitung (2,0) dan ttabel  (1,71) di mana  thitung (2,0) > ttabel  (1,71) yang interpretasinya adalah terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-31

How to Cite

Nasihah, D., Gunawan, A., & Mastoah, I. (2020). PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS V PADA MI SAMBILANDAK MANCAK. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(02), 149–162. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3673

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)