PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN TEKS CERITA (PTK di kelas IV SDN Kedungsoka 2)
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3672


Keywords:
Metode Role Playing, Kemampuan Teks CeritaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui deskripsi metode role playing yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman teks cerita pada siswa kelas IV mata pelaϳaran Bahasa Indonesia 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman teks cerita pada siswa kelas IV menggunakan metode Role Playing.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan model Kemmis dan Mc.Teggart yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 58,00 dan siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan presentase 33,33% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 74,00 dan siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan presentase ketuntasan mencapai 86,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa bahasa indonesia tentang memahami teks cerita.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.