EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU MATRIK (STRIMIN) DALAM TEST OBJEKTIF KETERAMPILAN MENULIS SISWA (Quasi Eksperimen di SDN Manis Jaya)

Authors

  • Auliya Imama Rusdi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Eko Wahyu Wibowo
  • Imas Mastoah

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3671
Statistics: Abstract viewed : 465 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 500 times

Keywords:

Media Buku Matrik, Test Objektif Keterampilan Menulis Permulaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media buku matrik berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan menulis pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kelas I SDN Manis Jaya di Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian non equevalent control group design. Populasi yang digunakan 52 siswa kelas 1 A dan I B semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 di SDN Manis Jaya. Sampel yang diambil adalah kelas I A dan I B dengan jumlah masing-masing 15 siswa di SDN Manis Jaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis yang diajarkan dengan menggunakan media buku matrik memperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 72,4 dan nilai yang diperoleh pada kelas kontrol adalah 61. Hal ini membuktikan bahwa keterampilan menulis permulaan di kelas I yang diajarkan dengan menggunakan media buku matrik lebih efektif  dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensial).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-31

How to Cite

Rusdi, A. I., Wibowo, E. W., & Mastoah, I. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU MATRIK (STRIMIN) DALAM TEST OBJEKTIF KETERAMPILAN MENULIS SISWA (Quasi Eksperimen di SDN Manis Jaya). Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(02), 89–104. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3671

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>