UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY


Keywords:
Pembelajaran IPA, Metode Course Review Horay, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA yang kurang memuaskan pada kelas IV dalam pembelajaran IPA pada materi perubahan kenampakan bumi di SDN Sumber Agung Kota Serang. Hal ini terlihat dari hasil tes siswa yang belum mendapatkan hasil belajar sesuai dengan nilai KKM yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui hasil belajar IPA pada materi perubahan kenampakan bumi di SDN Sumber Agung Kota Serang dengan menggunakan metode course review horay dan untuk mengetahui aktifitas siswa terhadap pelajaran IPA pada materi perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan metode course review horay. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan peresentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 72% dengan nilai rata-rata 72 dan pada siklus II presentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 94% dengan nilai rata-rata 75. Berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode course review horay pada mata pelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber Agung Kota Serang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.