Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013

Authors

  • Nova nova UIN SMH Banten
  • Eko Wahyu Wibowo

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1317
Statistics: Abstract viewed : 106 times | PDF downloaded : 591 times

Keywords:

Buku teks, Kurikulum 2013, Kesesuaian materi,

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab masalah apakah buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku sudah sesuai dengan kurikulum 2013 yang sudah berlaku. maka perumusan masalah dalam penelitian ini ialah : bagaimana kesesuaian isi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku dengan kurikulum 2013 ? Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah : untuk mengetahui kesesuaian isi buku teks siswa pendidikan IV SD/MI tema Cita-Citaku dengan kurikulum 2013 terbitan Kementrian dan Kebudayaan berdasarkan emapat aspek : aspek spritual, aspek sosial, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Metode dalam peneliti ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian dari segi materi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku dengan kurikulum 2013 sudah sesuai dengan empat aspek yang terdapat dalam setiap KI. Dalam aspek spritual tidak semua pembelajaran dari setiab subtema terdapat kalimat spritual, dalam aspek sosial sudah sesuai dikarnakan dalam setiap pembelajaran dari tiap subtema memiliki aspek sosial, sikap positip dan karakter, dalam aspek pengetahuan mengenai keluasan materi bahwasannya sudah sesuai, dalam aspek keterampilan dalam kurikulum 2013 ini memiliki keterampilan yang bagus dalam keterkaita materi, komunikasi, kemenarikan materi dan mencari informasi lebih lanjut sudah sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-21

How to Cite

nova, N., & Wibowo, E. W. (2018). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 5(1), 29–48. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1317

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)