PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN

Authors

  • Siti Futihat UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Eko Wahyu Wibowo UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Imas Mastoah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3683
Statistics: Abstract viewed : 1088 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1829 times

Keywords:

Media, Membaca Permulaan, Puzzle Huruf

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media puzzle huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti menggunakan metode Research and Development menurut Robert Maribe Brach yaitu model ADDIE dengan 5 langkah diantaranya, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Citerep dengan jumlah sampel 15 siswa. Untuk mengetahui hasil validasi, peneliti menggunakan tekhnik wawancara, observasi, angket dan tes. Dari hasil uji validitas produk kepada ahli media sebelum revisi memperoleh nilai 3,64 (90,90%) dengan kriteria sangat layak, kemudian dilakukan revisi dan mendapatkan nilai 3,81 (95,45%) dengan kriteria sangat layak. Uji validitas produk kepada ahli materi sebelum revisi memperoleh nilai 3,66 (91,66%) dengan kriteria sangat layak, kemudian dilakukan tahap revisi dan memperoleh nilai 4 (100%) dengan kriteria sangat layak. Dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa media pengembangan puzzle huruf dapat digunakan sebagai media pendukung dalam belajar membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-31

How to Cite

Futihat, S., Wibowo, E. W., & Mastoah, I. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(02), 135–148. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.3683

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>