Pengembangan Media Komik Berbasis Comic Life untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Dea Malinda UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fitri Hilmiyati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Imas Mastoah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i2.7149
Statistics: Abstract viewed : 394 times | PDF downloaded : 6895 times

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mempunyai tujuan membuat produk berbentuk media komik dengan basis Comic Life yang layak serta efektif dipakai di pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dipakai yakni Research and Development (R&D) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yakni define, design, development, serta disseminate. Metode serta model ini dipilih sebab model pengembangan efektif mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpul data memakai wawancara, observasi, angket serta dokumentasi. Analisis yang dipakai yakni analisis kuantitatif serta kualitatif dengan sampel 10 peserta didik kelas II SD Negeri Cipaot Ciwandan. Pengujian validitas meliputi aspek pembelajaran, materi/kebenaran isi, pemilihan media, pemanfaatan media, dan bentuk fisik media yang melibatkan beberapa validator. Hasil penelitian terhadap kelayakan produk menunjukan bahwa dosen ahli materi memberikan nilai skor 86% (sangat layak), dosen ahli media 88% (sangat layak), guru 99% (sangat layak), maka hal ini menunjukan produk sudah layak digunakan. Hasil uji coba produk terbatas memperoleh nilai Pre-test 63% serta hasil post-test 88% dan hasil uji coba jumlah banyak 85,5% , Maka hal ini memperlihatkan produk media komik berbasis Comic Life dapat dikatakan efektif untuk digunakan di Sekolah Dasar

Kata kunci: Kemampuan membaca, media Comic Life, Bahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Malinda, D., Hilmiyati, F., & Mastoah, I. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Comic Life untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 165–176. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i2.7149

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>