UPAYA MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KONSEP MAGNET MELALUI METODE INQUIRY-DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Novi Nurafiat Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fitri Hilmiyati Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 139 times | PDF downloaded : 95 times

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Metode Inquiry-Discovery Learning

Abstract

Pembelajaran IPA yang dialami selama ini di MI PII Salinggara Kec. Banjar Kab. Pandeglang, terutama di Kelas V, hampir tidak tercapai sesuai  dengan yang harapkan. Siswa beranggapan bahwa IPA adalah mata pelajaran yang cukup sulit, selama ini pembelajaran IPA dilakukan oleh guru dengan menggunakan metode pembelajaran yang konvensional ataupembelajaran yang berpusat pada guru, pembelajaran yang monoton serta siswa hanya menjadi pendengar, penulis rangkaian atau pencatat materi yang ada pada buku sumber. Hal ini menyebabkan siswa bosan pada proses pembelajaran berlangsung, sebagai akibatnya, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA rendah. Metode pembelajaran merupakan faktor utama pada keberhasilan dalam mengajar.Inquiry-Discovery Learningmerupakan salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk pembela-jaran IPA yang bersifat eksperimen, karena metode ini membantu siswa dalam melakukan enyelidikan dan membuktikan pengetahuan yang siswa miliki. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri atas 2 Siklus, setiap Siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sesuai pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan metode Inquiry-Discovery Learning yang diterapkan pada penelitian ini yaitu pembelajaran yang menekankan siswa untuk bereksperimen. Setelah menerapkan metode pembelajaran Inquiry Discovery Learning pada mata pelajaran IPA khususnya materi konsep magnet memberikan dampak positif dan terlihat hasil belajar siswa meningkat pada setiap indikator keberhasilan materi, siswa selain itu siswa juga mendapatkan pengalaman belajar  yang lebih luas dan berbeda dari sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Novi Nurafiat, Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Fitri Hilmiyati, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Downloads

Published

2015-11-27

How to Cite

Nurafiat, N., & Hilmiyati, F. (2015). UPAYA MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KONSEP MAGNET MELALUI METODE INQUIRY-DISCOVERY LEARNING. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 2(2), 227–244. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/355

Issue

Section

Original Research Article