PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BERNUANSA KONTEKSTUAL

Authors

  • Ismiatul Kibtiah Alumni Univesitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fitri Hilmiyati Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Khaeroni Khaeroni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.2732
Statistics: Abstract viewed : 209 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 267 times

Keywords:

Modul, kontekstual, pendidikan, karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang bernuansa  kontekstual dan penanaman pendidikan karakter untuk siswa Kelas IV Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Sub Tema Indahnya Keragaman Budaya Di Negeriku. Materi yang digunakan pada modul adalah kebudayaan yang ada di Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) modal ADDIE dari Dick dan Carry yang terdiri atas analisis, desain produk, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa, modul termasuk dalam kategori valid dalam perhitungan IRR dengan skor 100% setelah melakukan revisi oleh validator. Dalam pembelajaran, penggunaan modul mendapatkan penilaian positif dari guru dan siswa dan menyatakan bahwa modul layak digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ismiatul Kibtiah, Alumni Univesitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Univesitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Fitri Hilmiyati, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan PGMI, Univesitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Khaeroni Khaeroni, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Published

2020-12-31

How to Cite

Kibtiah, I., Hilmiyati, F., & Khaeroni, K. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BERNUANSA KONTEKSTUAL. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(02), 105–118. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i02.2732

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)