Math Storybook (Matryk) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Cacah Siswa Tunagrahita di Kelas II Sekolah Khusus Negeri 01 Cilegon

Authors

  • Khansa Qonitah Safira UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Enung Nugraha UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Khaeroni UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11149
Statistics: Abstract viewed : 134 times | PDF downloaded : 108 times

Keywords:

Media MATRYK, Kemampuan Berhitung Bilangan Cacah, Siswa Tunagrahita

Abstract

Salah satu kendala utama dalam pembelajaran matematika adalah  ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah tanpa bantuan contoh yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MATRYK (Math Storybook) guna meningkatkan kemampuan berhitung bilangan cacah siswa tunagrahita kelas II di SKh Negeri 01 Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) berdasarkan model 4D S. Thiagarajan yang mencakup empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Media MATRYK divalidasi oleh tiga validator dan menunjukkan rata-rata skor kelayakan 4,76, dengan tingkat kesepakatan antar penilai sebesar 84%, sehingga dinyatakan valid dan layak digunakan. Media ini juga terbukti efektif meningkatkan kemampuan berhitung bilangan cacah siswa, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,86 (kategori tinggi) dan persentase sebesar 86,66% (kategori sangat baik). Media MATRYK memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran matematika, membantu siswa mengaplikasikan konsep matematika dalam konteks cerita sehari-hari

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Khansa Qonitah Safira, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Enung Nugraha, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Khaeroni, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Safira, K. Q., Nugraha, E., & Khaeroni, K. (2024). Math Storybook (Matryk) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Cacah Siswa Tunagrahita di Kelas II Sekolah Khusus Negeri 01 Cilegon. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 99–116. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11149

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)