UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI PERKALIAN DENGAN MEDIA DAKON

Authors

  • Khaeroni Khaeroni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • ADIKOTUL AFALIYAH Guru di SD Negeri Benoa Kota Cilegon
  • FITRI HILMIYATI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i1.4732
Statistics: Abstract viewed : 134 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 145 times

Keywords:

Hasil belajar, Operasi Perkalian, Media Dakon

Abstract

Pada suatu materi operasi perkalian masih kerap ditemukan siswa yang tidak tuntas sebab minimnya pengetahuan siswa terhadap pelajaran operasi perkalian dan menjadikan siswa kurang berminat mengikuti proses pembelajaran karena kurangnya media pembalajaran yang digunakan saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan upaya yaitu menggunakan media Dakon supaya siswa menjadi semangat untuk belajar dan memberikan pemahaman kepada siswa tentang pelajaran operasi perkalian. Penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta dilaksanakan dua siklus. Dari hasil penilaian, refleksi, serta revisi yang dicoba pada akhir siklus, diperoleh deskripsi pemakaian media dakon dalam empat langkah, ialah 1) Guru mencontohkan langkah pemakaian media dakon secara perlahan serta terperinci selama menerangkan materi operasi perkalian beserta contoh soal serta gimana mengerjakan soal operasi perkalian memakai media dakon; 2) Sebagian siswa maju ke depan kelas buat mengerjakan soal memakai media dakon; 3) Siswa bersama kelompoknya mengerjakan soal yang sudah dibagikan oleh guru dengan memakai media dakon dan biji dakon yang berukuran besar; 4) Masing-masing kelompok memaparkan hasil dari dialog bersama kelompoknya di depan kelas serta dibuktikan kebenarannya dengan menggunakan media dakon dan biji dakon. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-27

How to Cite

Khaeroni, K., AFALIYAH, A., & HILMIYATI, F. (2021). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI PERKALIAN DENGAN MEDIA DAKON. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 8(1), 57–72. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i1.4732

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)