PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PENGOPTIMALAN MEDIA RANGKA MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Shara Syifa UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten. Indonesia
  • Khaeroni UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v4i02.8143
Statistics: Abstract viewed : 93 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

Group Investigation, torso, rangka, tubuh, manusia

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kreatif. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk mampu berbuat dan melakukan sesuatu. Selain itu, pengoptimalan media pembelajaran dapat membantu siswa dalam mempelajari materi sesuai dengan aslinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Agar model pembelajaran GI dapat optimal diterapkan sesuai materi, digunakanlah media torso rangka manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes has il be lajar yang dianalisis menggunakkan pengujian komparatif. Hasil pengujian statistika menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes hasil belajar k elompok eksperimen menggunakan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai rata-rata tes hasil belajar kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Syifa, S., & Khaeroni, K. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PENGOPTIMALAN MEDIA RANGKA MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 4(2), 133–150. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v4i02.8143

Issue

Section

Original Research Article