PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PENGOPTIMALAN MEDIA RANGKA MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v4i02.8143


Keywords:
Group Investigation, torso, rangka, tubuh, manusiaAbstract
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kreatif. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk mampu berbuat dan melakukan sesuatu. Selain itu, pengoptimalan media pembelajaran dapat membantu siswa dalam mempelajari materi sesuai dengan aslinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Agar model pembelajaran GI dapat optimal diterapkan sesuai materi, digunakanlah media torso rangka manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes has il be lajar yang dianalisis menggunakkan pengujian komparatif. Hasil pengujian statistika menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes hasil belajar k elompok eksperimen menggunakan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai rata-rata tes hasil belajar kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran GI dengan pengoptimalan media torso rangka manusia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shara Syifa, Khaeroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.