Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v4i1.6433


Keywords:
Realistic Mathematic Education (RME), PTK, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran Matematika di kelas III yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menghitung luas persegi dan persegi panjang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya dalam pembelajaran Matematika guru masih menggunakan metode konvensional yang cenderung berpusat pada guru dan tidak dibantu dengan alat atau media pembelajaran yang mengakibatkan siswa cepat merasa bosan, sehingga mempengaruhi minat belajar siswa di kelas dan hasil belajamya. Penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan menghitung luas persegi dan persegi panjang, karena pada mata pelajaran Matematika sangat dibutuhkan suatu pengalaman nyata yang menjadikan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada Mata Pelajaran Matematika pada pokok bahasan menghitung luas persegi dan persegi panjang kelas III SDN Sukamaju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata pada prasiklus 53,9, padasiklus I meningkat menjadi 56,67, dan pada siklusii kembali meningkat menjadi 66,11. Persentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 4 7,2%, padasiklus I meningkat sebesar 61, 11%, dan pada siklus II kembali meningkat sebesar 83,3%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.