PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MEDIA GAMBAR

Authors

  • Tati Mulyati Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Mohammad Rifqi Rijal

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v4i01.1051
Statistics: Abstract viewed : 200 times | PDF downloaded : 370 times

Keywords:

Hasil belajar, media gambar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru dalam menggunakan media pembelajaran dan motivasi siswa terhadap pembelajaran IPA
masih sangat rendah. Hal tersebut menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media gambar IPA pokok bahasan penggolongan makhluk hidup di kelas III dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar siswa siklus I dan II. Hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA dilihat dari persentase siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 58% dan siswa yang belum tuntas belajar sekitar 42% dengan nilai rata-rata perolehan 59. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85% dan siswa yang belum tuntas belajar sekitar 15% dengan nilai rata-rata perolehan 76.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Mulyati, T., & Rijal, M. R. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MEDIA GAMBAR. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v4i01.1051

Issue

Section

Original Research Article