Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana (kuasi eksperimen pada kelas III SDN Cadasari 1 kelurahan Cadasari Kecamatan Cadasari)
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i02.2499


Keywords:
Media Gambar, Menulis Karangan SederhanaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahya hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis karangan sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Gambar terhadap kemampuan menulis karangan sederhana pada anak kelas 3 SDN Cadasari 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi eksperimen). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III siswa kelas III SDN Cadasari 1 tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penggunaan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan sederhna siswa kelas III SDN Cadasari 1. Hal ini dibuktikan t-test dengan taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel adalah, 2, 021 dapat disimpulkan bahwa thitung diperoleh 2,029 > dari ttabel yaitu 2,021. Dengan diperoleh a = 5% untuk uji dua pihak.Diperoleh t tabel adalah, 2,201 dapat disimpulkan bahwa thitung diperoleh 2,209 > dari t tabel yaitu 2,021.Dengan demikian Hₒ di tolak dan Hₐ diterima. hasil uji homogenitas yaitu Fhitung= 1,44 dan Ftabel=2,15 maka Fhitung kurang dari Ftabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data homogen atau dengan kata lain tidak terdapat perbedaan antara kedua kelas.Dengan demikian menunjukkan kemampuan menulis karangan sederhana kedua kelompok berbeda secara signifikan. Perbedaan nilai rata-rata posttest hasil menulis karangan sederhana siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan media gambar dalam menulis karangan sederhana memiliki nilai rata-rata sebesar 76,5, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 67,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Cadasari 1 tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.