PENGEMBANGAN MEDIA COGAN (CONGKLAK BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KPK DAN FPB

Authors

  • Isti Qomariyah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Habudin Habudin Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Uyu Mu'awwanah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i2.5221
Statistics: Abstract viewed : 419 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 811 times

Keywords:

Media COGAN (Congklak Bilangan), Pemahaman Konsep, KPK dan FPB

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media COGAN (Congklak Bilangan) sehingga efektif untuk digunakan dalam pemahaman konsep materi KPK dan FPB di kelas IV MI Al-Khairiyah Lebak Kelapa. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan, yaitu tahap survei dan pengumpuln informasi, desain produk, validasi produk, revisi dan perbaikan desain, dan uji coba terbatas. Untuk mengetahui hasil validasi, peneliti menggunakan teknik angket, wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu produk yang dikembangkan berupa media COGAN (Congklak Bilangan) materi KPK dan FPB. Hasil uji validasi produk kepada ahli media memperoleh rata-rata 3,77 (75,38%) dengan kriteria layak. Sedangkan dari ahli materi memperoleh rata-rata 3,18 (63,63%) dengan kriteria cukup layak. Hasil pretest dan posttest dengan menggunakan rumus N-gain memperoleh 0,49 dengan kriteria sedang. Dan hasil angket respon siswa kelas IV memperoleh rata-rata persentase 95,21% dengan kriteria sangat layak atau sangat baik. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Media COGAN (Congklak Bilangan) layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep materi KPK dan FPB.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-30

How to Cite

Qomariyah, I., Habudin, H., & Mu’awwanah, U. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA COGAN (CONGKLAK BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KPK DAN FPB. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2), 133–148. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i2.5221

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)