Metode Bernyanyi dalam Menghafal Asmaul Husna pada Siswa Tunagrahita

Authors

  • Siti Aelina Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Habudin Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Purnama Rika Perdana Program Studi Magister Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.10419
Statistics: Abstract viewed : 3 times | PDF downloaded : 1 times

Keywords:

asmaul husna, The Singing Method, Metally Disabled Students, Tunagrahita

Abstract

Penelitian terkait penggunaan metode bernyanyi pada anak tunagrahita masih jarang, padahal wilayah penelitian tersebut masih sangat luas dan menarik untuk dikaji, terlebih pada era pendidikan saat ini. Tulisan ini merupakan paparan hasil riset penerapan metode bernyanyi dalam menghafal asmaul husna dengan siswa tunagrahita sebagai subjeknya. Lokus penelitian ini berada di salah satu sekolah khusus (SKh) yang berlokasi di Pandeglang, Banten. Peneliti menemukan adanya kesulitan pada anak tunagrahita dalam mempelajari Asmaul Husna, terutama jika mereka belajar dengan menggunakan metode hapalan. Peneliti berasumsi bahwa menghapal dengan cara bernyanyi merupakan salah satu cara yang dapat mempermudah siswa tunagrahita dalam belajar Asmaul Husna. Pemilihan metode bernyanyi untuk pembiaasan hafalan Asmaul Husna ini bertujuan meningkatkan jumlah hafalan asmaul husna pada siswa tunagrahita. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif pre-experimental design one group pretest-posttest pada 10 orang siswa tunagrahita di SkH tersebut. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hafalan Asmaul Husna dengan perhitungan menggunakan rumus Uji T Paired Samples Test, diperoleh nilai 9,957 dengan t table 1,833, atau t hitung > t tabel. Di samping itu, perbandingan hasil data pretest (8,1) dan data postest (43,1) menunjukkan jumlah yang meningkat. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Asmaul Husna pada siswa tunagrahita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Karimuddin, Misbahul Jannah, Ummul Aiman, dan dkk. Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.

Amka. Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2018.

Arriani, Farah, Agustiyawati, Ranti Widiyanti, Slamet Wibowo, Christina Tulalessy, Fera Herawati, Theresia Maryanti, dan Alifia Rizki. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2020.

Farah Nayla, Maulidiyah. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan 29 (2020). http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp.

Hadiqoh, Futihatul. “Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di Kelurahan Tamanwinangun Kebumen Tahun 2019.” Skripsi, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama, 2019.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, dan dkk. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020. https://www.pustakailmu.co.id.

Istiyani, Ika. “Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Hafalan Asmaul Husna.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020.

Masamah. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini.” Skripsi, Institut PTIQ Jakarta, 2019.

Muzaqi, Solehan. “Penerapan Konseling Behavioral Anak Tunagrahita Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Di Slb Pgri Bangorejo Kabupaten Banyuwangi,” 2021.

Noviandari, Harwanti, dan Tian Fitriara Huda. “Peran Sekolah Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlb Pgri Bangorejo Banyuwangi.” Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 5, no. 1 (3 Maret 2018): 29–37.

Nurhayati, Siti, Almaida Firdaus, Syifa Khofifah, Ratna Wulandari, Dewi Nurmala, dan Ipah Ismiyati. Strategi Cepat Nyusun Skripsi No Joki. Gaksa Enterprise, 2023.

Oktaviani, Reni. “Penggunaan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hafalan Asmaul Husna Siswa Kelas VII MTs N 2 Mukomuko” 2 (2022). http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula.

Patimah, Eli. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Asmaul Husna Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Melalui Metode Bernyanyi.” Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 1, no. 1 (1 September 2021): 1413–21.

Priadana, Sidik, dan Denok Sunarsi. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books, 2021.

Priyono. Metode Penelitian Kuantitatif. ZIFATAMA PUBLISHING, 2008.

Ramadhani, Laela. “Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI B Di MI Ma’arif NU 01 Dawuhan Wetan Kabupaten Banyumas.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2022.

Retnowati, Yeni. “Penggunaan Gerak Dan Lagu Untuk Menghafal Asmaul Husna Anak Usia Dini” 1, no. 02 (t.t.).

Ridwan, Ridwan, dan A. Fajar Awaluddin. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal.” DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (16 Agustus 2019): 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252.

Sandjaja, Meilani. “Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan.” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 6, no. 1 (t.t.). https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.613.

Sari, Siti Fatimah Mutia, Binahayati Binahayati, dan Budi Muhammad Taftazani. “Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta).” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 2 (31 Juli 2017). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14273.

Solihah, Mar’atus. “Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Mubarok Bagon Puger Jember Tahun Pelajaran 2019-2020.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Jember, 2020. http://digilib.uinkhas.ac.id/1802/.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.

Sunarya, Risa Rahmawati, dan Annisa Nurul Shafwah. “Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Keagamaan Diniyah Anak,” 2021.

Supardi. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian (Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif). Jakarta Selatan: Change Publication, 2016.

Widiastuti, Ni Luh Gede Karang, dan I. Made Astra Winaya. “Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita.” Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) 9, no. 2 (27 Juli 2019). https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392.

Widodo, Yessy Pramita, Meidiana Dwidiyanti, dan Elis Hartati. “Efek Permainan ‘My Confident Book’ Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Tunagrahita.” Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal) 11, no. 1 (13 Maret 2020): 16. https://doi.org/10.36308/jik.v11i1.208.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Aelina, S., Habudin, H., & Perdana, P. R. (2025). Metode Bernyanyi dalam Menghafal Asmaul Husna pada Siswa Tunagrahita. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.10419

Issue

Section

Original Research Article

Most read articles by the same author(s)