Pengembangan Media Pembelajaran Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1318


Keywords:
Media Papan Berpaku, Luas Bangun DatarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika materi pengukuran luas bangun datar di MI Nurul Amal Tonjong Kecamatan Walantaka Kota Serang. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran matematika guru belum menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu sehingga siswa merasa bosan dan tidak mampu memahami pelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran papan berpaku mata pelajaran matematika pada materi pengukuran luas bangun datar, untuk mendapatkan deskripsi penerapan media papan berpaku pada pembelajaran matematika materi pengukuran luas bangun datar, dan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar dengan menggunakan media papan berpaku. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yang mengacu pada empat tahapan dari model 4-D Thiagarajan, yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate.Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran papan berpaku yang telah di uji kelayakannya oleh dosen ahli dan guru matematika. Kedua, media ini dinilai kelayakannya berdasarkan aspek kesesuaian media pembelajaran dengan materi matematika, kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional dan kualitas teknis. Ketiga, berdasarkan hasil belajar siswa penerapan media papan berpaku dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pengukuran luas bangun datar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.