Pengembangan Counting Circuit Media untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SD/MI dalam Menghitung Keliling Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i1.7998Keywords:
Kemampuan Berhitung, Counting Circuit Media, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D S. Thiagarajana dan meliputi empat tahapan: pendefinisian, desain, pengembangan dan diseminasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berhitung lingkaran media yang digunakan untuk menghitung keliling bangun datar bagi siswa kelas 3 SDN Pasar Kemis III Kab. Tangerang. Media pembelajaran yang dikembangkan melewati tahap validasi dengan ahli materi dan ahli media untuk selanjutnya dilakukan pengujian di lapangan siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data hasil angket dari ahli materi, ahli media, guru kelas III, dan siswa melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil verifikasi ahli materi, uraian “sangat baik” menghasilkan skor verifikasi 45 dengan persentase 90%, dan penilaian mendapat verifikasi 43 dari ahli media dengan persentase 86%. mendapat skor. 'Bagus sekali', validasi guru kelas III memperoleh nilai validasi sebesar 73 dengan prosentase 91,2%. Untuk hasil tes pertama di lapangan, kami mendapat nilai antara 81% sampai 100% pada kriteria “sangat baik”. Secara keseluruhan, media pembelajaran ini membantu Anda menghitung keliling bangun datar. Berdasarkan pengamatan kami dengan menggunakan media ini, kami dapat memudahkan siswa untuk menghitung keliling bangun datar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Khofifah Nadia, H.M. RIFQI RIJAL, WIDA RACHMIATI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IBTIDA'I JURNAL: https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.