ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v4i02.8145


Keywords:
Penyelesaian Soal Matematika, Bangun Ruang untuk SD/ MI, Kesalahan SiswaAbstract
Tulisan ini didasarkan pada masih mimimnya penguasaan materi siswa pada pelajaran matematika dan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Kesalahan pada proses pembelajaran terletak pada kemampuan dasar mengenal sifat-sifat geometri khususnya pada bentuk kubus dan balok. Berdasarkan hasil analisis yang terkait dengan teori Vann Hiele dalam pembahasan geometri maka, kesalahan siswa pada materi kubus dan balok terlihat pada level 0 (visualisasi) level pengenalan, bahwa siswa belum memahami sifat-sifat pada bentuk kubus dan balok sehingga terjadi kesalahan siswa dalam menliskan keterangan yang terdapat dalam soal, kemudian siswa melakukan kesalahan pada saat menuliskan rumus kubus dan balok. Sedangkan menurut pandangan Vann Hiele, hasil belajar dapat diproses melalui 5 (lima) tahap, sedangkan dari hasil analisis tes terlihat perkembangan siswa sampai kepada tahap 2, tetapi di dalam pembelajaran kubus dan balok siswa mengalami kesalahan yang dilakukan pada tahap 1 (informasi) pengenalan terhadap bentuk kubus dan balok sehingga siswa mengalami kesalahan pada saat menuliskan rumus, siswa terlihat keliru menuliskan rumus volume dan luas permukaan kubus, kemudian pada tahap 2 (orientasi terarah) tahap siswa mengerjakan soal, siswa mengalami kesalahan pada saat menuliskan ukuran kubus dan balok yang terdapat dalam soal sehingga mengalami kesalahan yang konsisten terhadap memasukkan angka ke dalam rumus, perhitungan, dan pada saat menentukan has il akhir. Adapun faktor kesalahan hasil belajar siswa yaitu (1) faktor internal; kesulitan siswa dalam memahami soal, menghafal rumus dan kesalahan melakukan proses perhitungan. (2) faktor ekstemal; pengelolaan kelas yang kurang, metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru tidak mengacu pada teori Vann Hiele dalam pembahasan geometri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nuraini B.P, Wida Rachmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.