PENGARUH PENERAPAN MEDIA CONGKLAK TERHADAP KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBAGIAN DUA ANGKA

Authors

  • Mar’atussolihah Mar’atussolihah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • FITRI HILMIATI
  • Wida Rachmiati

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i01.3280
Statistics: Abstract viewed : 191 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 337 times

Keywords:

Penerapan, Media, Congklak, Keterampilan Pembagian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media congklak berpengaruh pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media congklak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, siswa memperoleh nilai rata-rata pretest 61,04 sedangkan nilai rata-rata posttest 87,05. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes keterampilan siswa dianalisis menggunakan pengujian statistik brupa uji Mc Nemar dan diperoleh nilai signifikan sebesar 20,055 > 3,841 berdasarkan kriteria nilai tersebut menunjukkan tingkat pengaruh penerapan media congklak terhadap keterampilan siswa dalam pembagian dua angka.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-25

How to Cite

Mar’atussolihah, M., HILMIATI, F., & Rachmiati, W. (2020). PENGARUH PENERAPAN MEDIA CONGKLAK TERHADAP KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBAGIAN DUA ANGKA. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 51–58. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v7i01.3280

Issue

Section

Original Research Article