UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PEMECAHAN MASALAH PADA PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION


Keywords:
Matematika, Pendekatan Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Rendahnya minat dan ketertarikan siswa dalam memahami materi menyelesaikan masalah pada pecahan disebabkan karena siswa menganggap bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan sukar untuk dipahami sehingga menjadikan siswa malas dan berimbas pada hasil belajar yang rendah. Penyebab dari permasalahan di atas dikarenakan guru yang tidak mampu memilih strategi, pendekatan, model, atau pun metode pembelajaran yang baik terhadap materi yang diajarkan, sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pada setiap siklusnya, pada pra siklus nilai rata-ratanya sebesar 37,64, pada siklus I nilai rata-rata mencapai 44,03, serta pada siklus II nilai rata-ratanya mencapai 68,93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan meng-gunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.