Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1223


Keywords:
Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil Belajar IPA, Media GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penggunan model explicit instruction berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA 2) mengetahui penerapan model Explicit Instruction berbantuan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent group design dengan populasi seluruh siswa kelas IV semester genap pada sekolah-sekolah dasar di Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu sebanyak 716. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IV A SDN Tenjoayu 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B SDN Tenjoayu 2 sebagai kelompok eksperimen. Tahap uji instrument yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis uji-t. hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 67 dan nilai rata-rata nilai siswa kelas kontrol 55,75. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan pengujian berupa uji-t pada taraf signifikan 5% dan diperoleh nilai sebesar 2,342 > 2,021, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model explicit instruction berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model konvensional
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.