UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DESIMAL MELALUI METODE OPEN ENDED LEARNING


Keywords:
Matematika, Metode Open-Ended Learning, Bilangan Desimal, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, menunjukkan hasil yang belum optimal di mana salah satu faktornya adalah penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang masih konvensional yaitu hanya menerangkan dengan menggunakan metode ceramah yang membuat anak merasa jenuh dan sulit mengerti, sistem penyampaiannya lebih banyak didominasi oleh guru sehingga siswa bersifat pasif dalam menerima materi pelajaran dan akhirnya siswa merasa malas untuk belajar. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memberikan solusi dengan mencoba menerapkan metode Open-Ended Learning.Penelitian ini menunjukkan bahwa metode open-ended learning pada pembelajaran materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal diterapkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemam-puan, aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Serdang 1 dan me-munculkan ide atau gagasan kreatif siswa dengan menemukan cara/ strategi yang berbeda dalam penyelesaian soal operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata hasil tes kemampuan siswa yang terus meningkat pada setiap siklusnya yaitu, 70,43 pada siklus I menjadi 83,62 pada siklus II.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.