UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE EKSPERIMEN


Keywords:
Metode eksperimen, materi tumbuhan hijau, hasil belajar dan PTKAbstract
Proses Pembelajaran IPA di kelas V SDN Kesabilan masih menggunakan metode yang konvensional, dan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya antusias pada saat menerima pembelajaran, serta tidak menggunakan alat atau media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu hasil belajar siswa tidak tercapai sesuai dengan KKM yang ditentukan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Eksperimen dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Kesabilan pada materi tumbuhan hijau dengan menggunakan metode eksperimen. Metode Eksperimen merupakam suatu cara mengajar dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati proses serta menuliskan hasil percobaanya, kemudian hasil pengamatan disampaikan dan dievaluasi dengan teman-temanya. Metode ini yang bertujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan permasalahan serta menjawab persoalan-persoalan yang dihadapinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Eksperimen mengalami peningkatan. Pada tahap siklus I persentase ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 27.77%, dan pada persentase ketercapaian hasil belajar siklus II meningkat menjadi 75%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Eksperimen pada pelajaran IPA materi tumbuhan hijau dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.